Breaking News:

Bumi Sanggam

Sekdes di Balangan Dapatkan Pembelajaran Tentang Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban APBDes

Sekdes di Balangan mendapatkan pembelajaran tentang pengelolaan penyusunan laporan pertanggungjawaban realisasi APBDes

Dinas Kominfo Balangan
Puluhan Sekdes di Kecamatan Halong dan Lampihong mengikuti sosialisasi penyusunan laporan pertanggungjawaban APBDes 2020 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Balangan memberikan sosialisasi  pengelolaan penyusunan laporan pertanggungjawaban realisasi APBDes bagi Sekertaris Desa. 

Kegiatan tersebut bertujuan agar Sekdes di Kabupaten Balangan dapat memahami perihal pembuatan pertanggung jawaban dan meminimalisir kesalahan laporan yang terjadi. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Balangan, Urai Nur Iskandar menyampaikan, ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Namun yang lebih utama memberikan sosialisasi tentang penyusunan laporan pertanggung jawaban realisasi APBDes tahun 2020 dan peran Sekertaris Desa dalam pengelolaan keuangan desa.

"Ada dua Kecamatan yang Sekdesnya kami mintakan datang.  Mereka mendapatkan bahan tentang  penyusunan laporan pertanggung jawaban realisasi APBDes dan pengelolaan keuangan desa," ucap Urai, Minggu (14/2/2021).

Kecamatan yang dimaksud yakni Kecamatan Lampihong dan Halong. Dimana tercatat ada puluhan Sekdes yang berhadir. 

Selanjutnya, pihaknya akan melakukan kegiatan sosialisasi secara bergantian pada delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan. Ditargetkan, pelaksanaan selesai dalam tiga hari. 

Selain itu tambahnya Urai, Sekdes merupakan aspek penting dan mendasar bagi pemerintah desa dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas keuangan desa.

"Maka dari itu Sekdes harus tahu aturan dan mengerti apa yang diverifikasi. Sehingga Sekdes harus dibekali dengan pengetahuan yang mendasar," tutupnya.(aol) 

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved