Breaking News:

Pilkada Kalteng 2020

Pilkada Kalteng, Hari Ini Mahkamah Konstitusi Sidang Sengketa Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim

Mahkamah Konstitusi (MK)  menggelar sidang sengketa Pilkada Kalteng 2020, Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim di Jakarta, Selasa (16/2/2021) sore ini.

banjarmasinpost.co.id/Fathurahman
Ketua KPU Kalteng, H Harmain. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Mahkamah Konstitusi (MK)  menggelar sidang sengketa Pilkada Kalteng 2020, Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim di Jakarta, Selasa (16/2/2021) sore ini.

Seperti diketahui, Hasil Pilgub Kalteng yang dimenangkan oleh Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur H Sugianto Sabran dan Edy Pratowo digugat oleh rivalnya Pasangan Ben Brahim S Bahat dan H Ujang Iskandar.

Demikian juga dengan kemenangan Pasangan Calon Bupati Kotim Halikinnor dan Wakilnya Irawati digugat oleh Pasangan Rudini dan Samsudin di MK.

Ketua KPU Kalimantan Tengah, H Harmain, menyatakan, pihaknya sudah menerima undangan dari MK tanggal 11 February 2021 surat No. 336.125/PAN .MK/PS/02/2021, hal: pemberitahuan Sidang.

Baca juga: Teror Buaya Mengancam, Aktivitas Kelotok Penyeberangan Samuda-Pulau Hanaut Kotim Tetap Ramai

Baca juga: Buron Sejak 2019, Tersangka Curanmor di Kotabaru Ini Diringkus Dalam Pelariannya di Kota Banjarbaru

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Kabupaten Kapuas Segera Dimulai, Ini Harapan Wakil Bupati Kapuas

Sidang dimaksud tersebut digelar pada Selasa (16/2/2021) pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan PMK nomor 8 thn 2020 tentang perubahan atas PMK nomor 7 tahun 2020 tentang tahapan, kegiatan, dan jadwal penanganan perkara perselisihan hasil pemilihan Gubernur, bupati dan walikota tanggal 15 sampai dengan 16 Februari 2021 adalah sidang MK d

Sidang dengan acara pengucapanputusan /ketetapan dalam hal terdapat permohonan yang tidak diputus pada putusan akhir.

"Kami masih menunggu saja apa yang akan keputusan oleh MK, hari ini," ujar Ketua KPU Kalteng, Harmain.

Putusan / ketetapan menyatakan permohonan Pemohon tidak dapat diterima, permohonan Pemohon ditolak atau ketetapan yang menyatakan Pemohon menarik kembali permohonan, Mahkamah tidak berwenang mengadili atau permohonan Pemohon dinyatakan gugur.

"Maka KPU Kalimantan Tengah akan segera menetapkan pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur terpilih paling lama 5 hari setelah putusan dismissal/ ketetapan MK diterima oleh KPU," ucap Harmain

Hel tersebut dinyatakan sebagaimana dimaksud dalam peraturan KPU nomor 5 tahun 2020 tentang perubahan ketiga peraturan KPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, bupati dan wakil Bupati dan / atau wali kota dan Wakil wali kota tahun 2020. 

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved