Breaking News:

Berita Banjarmasin

Wali Kota Banjarmasin Dorong PDAM Bandarmasih Lakukan Peremajaan Pipa

Direksi PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin akui pipanya banyak berusia tua rentan bocor, sehingga akan mengkaji opsi penggantian menyesuaikan anggaran.

DOK BPOST GROUP
ILUSTRASI - Penggantian pipa PDAM di Jalan Pramuka, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mendorong pihak PDAM Bandarmasih untuk melakukan peremajaan instalasi.

Instalasi milik PDAM Bandarmasih yang ada saat ini, termasuk di antaranya pipa untuk melakukan distribusi kepada pelanggan, terbilang sudah berusia tua.

Kondisi demikian mengakibatkan pipa-pipa milik PDAM Bandarmasih menjadi rentan mengalami kebocoran, dan akhirnya berdampak pada terganggunya distribusi kepada pelanggan.

Terkait hal ini pula, Wali Kota Banjarmasin mendorong pihak PDAM Bandarmasih untuk melakukan investasi guna melakukan peremajaan. Harapannya, pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih optimal lagi.

Baca juga: Perbaikan Pipa Emergency PDAM Bandarmasih, Distribusi Air di Banjarmasin Utara Disetop Enam Jam

Baca juga: Warga Sungai Lulut Keluhkan Keruhnya Air Ledeng, Ini penjelasan PDAM Bandarmasih

Hal ini pun diutarakan oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina saat menghadiri syukuran HUT ke-48 PDAM Bandarmasih, Senin (15/2/2021).

"Karena yang diperlukan sekarang fasilitas publik, seperti air minum, adalah pelayanan dasar. Kami mendorong agar PDAM Bandarmasih bisa melakukan investasi untuk peremajaan agar pelayanan bisa maksimal," ujarnya dalam syukuran yang dilaksanakan di Aula PDAM Bandarmasih tersebut.

Kemudian, Ibnu Sina menambahkan bahwa Pemko Banjarmasin pun siap berkomitment untuk mensupport dengan melakukan penyertaan modal.

"Kalau memang bisnis plan-nya visibel, kenapa tidak untuk disupport dengan penyertaan modal. Di samping itu juga bisa dilakukan dengan skema lain, misalnya pinjaman di perbankan, kerjasama dengan pihak ketiga atau pengusaha dan sebagainya," jelasnya.

Baca juga: Distribusi Air PDAM di Seluruh Banjarmasin Barat Terhenti karena Ini

Baca juga: Air Kotor Sampai ke Pelanggan, Begini Penjelasan Humas PDAM Bandarmasih Banjarmasin

Sementara itu Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Yudha Achmadi, tak menampik bahwa pipa untuk distribusi air bersih kepada pelanggan yang sudah berumur terkadang menjadi permasalahan.

Dia pun mencontohkan pipa distribusi milik PDAM Bandarmasih hingga kawasan Jalan Sutoyo S sudah harus diremajakan. Supaya, distribusi ke pelanggan di kawasan Banjarmasin Barat tak terganggu lagi.

"Pipa sampai Jalan Sutoyo S harus diganti karena di situ memang usianya sudah sangat lama dan rentan kebocoran," jelasnya.

Meskipun demikian, Yudha menambahkan bahwa memang melakukan peremajaan tersebut tidaklah mudah. Terlebih lagi, tentunya, memerlukan dana besar.

Baca juga: Sebagian Pipa PDAM di Banjarmasin Berusia Tua Rawan Terjadi Kebocoran

Baca juga: Pipa Bocor, Distribusi Air Ledeng PDAM Bandarmasih Disetop, Ini Daerah Terdampak

"Tentu tidak sedikit dan itulah tantangannya. Kami akan mengkaji sesuai dengan kemampuan," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved