Berita Banjarmasin

Rumah Zakat Serahkan Report ke Baznas Kalsel

Dalam laporan Ruah Zakat tentang rencana dan realisasi penerimaan, penyaluran untuk yang berhak menerima, penggalangan dana dan penerima manfaat.

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Alpri Widianjono
RUMAH ZAKAT UNTUK BPOST GROUP
Pejabat Rumah Zakat menyerahkan laporan tahunan 2020 ke Baznas Kalsel. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Rumah Zakat Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan bersilaturahmi ke BAZNAS Kalsel dan juga Kementerian Agama Kalsel di Banjarmasin.

Pertemuan itu dalam rangka penyerahan laporan tahunan 2020, Rabu (17/2/2021).

Laporan ini terdiri dari rekap rencana dan realisasi penerimaan, rekap realisasi penyaluran berdasarkan asnaf, rekap realisasi penyaluran berdasarkan program, serta rekap realisasi penyaluran penggalangan dana muzakki dan penerima manfaat. 

Penyerahan laporan ini Sesuai dengan Pasal 29 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

Baca juga: KalselPedia - Rumah Zakat Kalsel, Keterbukaan Dalam Laporan yang Selalu Update Setiap Bulan

Baca juga: KalselPedia - Rumah Zakat Kalsel, Berikan Bantuan Modal Usaha Pelaku UMKM Terdampak Pandemi Covid-19

Tercantum, LAZ wajib menyampaikan laporan pelaksanaan pengelolaan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya kepada Baznas dan pemerintah daerah secara berkala, dalam hal ini Kementerian Agama. 

Menurut Muhammad Luthfi Alfin, Branch Manager Rumah Zakat Kalsel, pihaknya berharap penyerahan laporan ini juga bisa segera dilakukan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional Perwakilan Provinsi lainnya. Khususnya yang tergabung dalam Forum Zakat Wilayah Kalsel.

Disebutkan, program-program reguler, terus di laksanakan di Kalsel, yaitu Beasiswa Anak Juara, Kegiatan Parenting, Berbagi Bersama Yatim, Bimbingan Baca Tulis Alqur'an.\

Kemudian, Gerakan subuh berjemaah dan taklim, Penyaluran Modal Usaha, Pembinaan UMKM, Layanan Ambulance dan Mobil Jenazah, Ramah Lansia, Posyandu balita, Kebun Gizi, Siaga Sehat.

Baca juga: KalselPedia - Rumah Zakat Kalsel Bagikan Ribuan Kaleng Superqurban Bantu Terdampak Banjir Kalsel

Baca juga: KalselPedia - Rumah Zakat Kalsel, Pelayanan Mobil Ambulans Gratis Buat Keluarga Kurang Mampu

Juga ada, Berbagi Air Kehidupan, Layanan Pengobatan hingga ke pedalaman, khitanan massal, Ramadhan Berdaya, Superqurban dan program program lainnya melalui desa desa berdaya yang ada.

Rumah Zakat Kalimantan Selatan juga turut serta membantu masyarakat dalam kebencanaan dan kemanusiaan, yaitu banjir, kebakaran, kabut asap dan Covid-19. 

"Di tahun 2020 kemarin Rumah Zakat juga betransformasi sebagai World Digital Philanthropy Institution," pungkas Alfin.

( Banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar)

  • Berita Terkait :#Berita Banjarmasin
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved