Breaking News:

Berita Balangan

Pilkada 2020 Usai, Bawaslu Balangan Serahkan Laporan Hasil Pengawasan ke Bawaslu RI

Anggota Bawaslu Balangan membawa berkas laporan berisi seluruh kegiatan pengawasan Pilkada 2020 ke Bawaslu RI

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Eka Dinayanti
bawaslu balangan
Komisioner Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Balangan, Mizwar Ilhamy menyerahkan berkas laporan pelaksanaan pengawasan Pilkada Balangan kepada anggota Bawaslu RI koordinator Divisi Pengawasan dan Sosiaili 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Balangan serahkan langsung hasil laporan pengawasan Pilkada tahun 2020 ke Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia, Rabu (17/2/2021) kemarin.

Penyerahan laporan diserahkan oleh anggota Komisioner Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Balangan, Mizwar Ilhamy beserta staf Divisi Pengawasan, Nasrullah kepada anggota Bawaslu RI koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Muchammad Afifuddin di Kantor Bawaslu RI, Jakarta.

Keduanya mendatangi Bawaslu RI sembari membawa berkas laporan berisi seluruh kegiatan pengawasan Pilkada 2020 di Balangan.

"Sebagai pertanggungjawaban yang diamanatkan dalam undang-undang No 10 tahun 2016, Bawaslu Kabupaten Balangan menyusun laporan akhir hasil pengawasan semua tahapan pemilihan," ucap Mizwar kepada awak media, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Satgas Covid 19 Bakal Berlakukan Mekanisme Pelaksanaan Reses DPRD Balangan di Masa Pandemi

Baca juga: Pj Sekda Balangan, Akhriani Resmi Duduki Posisi Plh Bupati Balangan

Tambahannya pula, dalam rangka mewujudkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota yang demokratis, perlu dilakukan penyempurnaan terhadap penyelenggaraan pemilihan tersebut.

Mizwar berharap hasil pengawasan yang telah disusun dapat menjadi bahan evaluasi dalam melakukan serta menjadi perbaikan regulasi Pemilu dan Pilkada yang akan datang.

"Semoga hasil ini dapat menjadi bahan evaluasi kami ke depan dalam melakukan perbaikan regulasi Pemilu dan juga Pilkada yang akan kita hadapi nantinya," harapnya.

Sebelumnya, evaluasi juga telah dilakukan oleh KPU Balangan, Ketua Bawaslu Kabupaten Balangan, Rosmelyanoor mengungkapkan apresiasi yang kepada KPU Kabupaten Balangan.

Baca juga: Pemkab HSS Programkan Sertifikasi Tanah Aset Daerah, 1.018 Aset Tanah Daerah Belum bersertifikat

Baca juga: Ditbinmas Polda Kalsel Bagi-bagi Sembako ke Tukang Becak di Banjarmasin

Terlebih mereka telah selesai dan dianggap sukses melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Balangan.

Tambah Rosmelyanoor, selama pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan dalam Pilkada serentak di tahun 2020, pihaknya hanya menerima dua laporan.

Sementara untuk temuan-temuan hampir tidak ada.

“Ini menandakan pelaksanaan Pilkada sudah sesuai sebagaimana mestinya,” sebut Rosmelyanoor.

Semua laporan pengawasan Pilkada itulah yang disampaikan kepada Bawaslu RI untuk ke depannya dilakukan evaluasi.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved