Breaking News:

Berita Banjarmasin

Posko PPKM Mikro di Banjarmasin Mulai Berjalan, Upaya 3T ke Penyintas Covid-19 Dilakukan

Penerapan PPKM berskala Mikro dengan proses 3T mulai dilakukan di Banjarmasin melibatkan TNI dan Polri, tenaga medis, juga RT dan RW

Penulis: Noor Masrida | Editor: Eka Dinayanti
humas Polresta Banjarmasin
tracing Covid-19 ke salah satu rumah warga Kelurahan Belitung Selatan Kecamatan Banjarmasin Barat. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dalam penerapan PPKM berskala Mikro ada proses yang dinamakan 3T Testing (Pemeriksaan), Tracing (Pelacakan) serta Treatment (Pengobatan) bagi penyintas covid-19.

Hal itu dilakukan sebagai langkah awal, guna memutus mata rantai Covid-19, sehingga penyebaran kasus dapat diantisipasi dari tingkat RT (Rukun Tetangga).

Perangkat yang terlibat pun mulai dari aparat TNI dan Polri, tenaga medis, juga RT dan RW di mana Posko PPKM Mikro didirikan.

Seperti dilakukan oleh personel Bhabinkamtibmas Belitung Selatan Polsek Banjarmasin Barat Aipda Nani Sugita yang mendapat informasi dari tim medis dari Puskesmas Pelambuan bahwa ada seorang warga di wilayah tugasnya, terkonfirmasi positif Covid-19

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalsel Laksanakan Deklarasi Janji Kerja dan Pembangunan Zona Integritas WBK/WBK

Baca juga: Pos PPKM Mikro Didirikan di Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin

"Sesuai data Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin bahwa ada seorang warga yang terkompfirmasi positif covid-19, kemudian saya segera menghubungi ketua RT setempat guna menanyakan perihal tersebut," terang Aipda Nani Sugita, Rabu (17/2/2021).

Setelah diketahui, kemudian ia bersama ketua RT mendampingi tim medis dari Puskesmas Pelambuan guna proses tracing Covid-19 ke salah satu rumah warga Kelurahan Belitung Selatan Kecamatan Banjarmasin Barat.

Di sana tim Contact Tracer Puskesmas Pelambuan melakukan pemeriksaan terkait gejala yang dirasakan dan menanyakan berinteraksi dengan siapa saja sebelumnya, kemudian dikonfirmasi oleh pihak keluarga bahwa pasien diduga terpapar covid-19 saat menjaga pamannya di rumah sakit.

Baca juga: Presiden Jokowi ke Kalsel, Ring Utama Lokasi Peresmian Bendungan Tapin Disterilkan

Baca juga: PRESIDEN JOKOWI Bertolak ke Kalsel, Pagi Ini Bakal Resmikan Bendungan Kabupaten Tapin

“Tracing dilakukan sebagai upaya mendeteksi interaksi warganya yang terkonfirmasi covid-19. Sehingga dapat dengan cepat kami lakukan pencegahan, agar virus ini tidak menyebar luas,” jelas pak Bhabin yang terkenal dekat dengan masyarakat.

Ia juga berpesan kepada warga agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, disiplin menjaga jarak dan tidak berkerumun.

"Apabila ada warga yang merasakan keluhan sakit dengan gejala khas covid-19, saya diminta segera lapor ke Pos PPKM skala Mikro yang ada , bisa juga melalui perangkat Kelurahan atau Puskesmas, agar dapat dan cepat ditindaklanjuti penanganannya," pungkas Aipda Nani Sugita.

Banjarmasinpost.co.id/Noor Masrida

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved