Breaking News:

Presiden Jokowi ke Kalsel

VIDEO Bendungan Tapin Telah Jalani Uji Coba, Presiden Jokowi Akan Meresmikannya

Bendungan Tapin di Piani, Kabupaten Tapin, Kalsel, telah selesai dibangun pada 2020 dan telah jalani uji coba sehingga akan diresmikan Presiden Jokowi

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bendungan Tapin merupakan salah satu proyek strategis pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dibangun sejak 2015 dan selesai pada 2020.

Bendungan Tapin di wilayah Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, telah selesai dibangun selama lima tahun.

Dikerjakan sejak 2015 dan selesai 2020, merupakan bantuan dari dana APBN sebesar Rp 1,4 triliun.

Kapasitas Bendungan Tapin mencapai 56,77 juta meter kubik, dengan luas genangan 425 hektare.

Baca juga: Jokowi ke Kalsel Resmikan Bendungan Tapin, Ketua DPRD Kalsel Jelaskan Presiden Batal ke HST

Baca juga: Jokowi ke Kalsel, Penjabat Gubernur Kalsel Pimpin Gladi Resik Peresmian Bendungan Tapin

Kompleks ini terdiri atas delapan bagian, yakni bendungan utama, bangunan pelimpah, jembatan relokasi, bangunan fasilitas, bendungan pelana, bangunan pengambilan, genangan waduk dan gerbang selamat datang.

Manfaat pembangunan Bendungan Tapin tersebut, yakni untuk kapasitas irigasi 5.475 hektare, air baku 0.50 meter kubik per detik, listrik 3,3 Mega Watt.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan bendungan tersebut akan diresmikan Presiden Jokowi. Bendungan ini telah melalui uji coba pada tahun 2020, saat selesai dikerjakan. Karena itulah, Presiden Jokowi ke Kalsel.

"Dari hasil uji coba, manfaat bendungan ini ada empat. Pertama, mengairi persawahan sebanyak 5.400 hektare sekian, pengadaan air bersih oleh PDAM 500 per detik, pembangkit tenaga listrik 3,3 Mega Watt dan program wisata," ungkapnya.

Baca juga: Besok Bendungan Tapin akan Diresmikan Presiden Joko Widodo, Panitia Penyambutan Sudah Tes Swab PCR

Masih kata Bupati Tapin, peresmian yang akan dilakukan Presiden saat Kamis (18/02/2021), pihaknya bangga karena  proyek yang strategis ini bisa diresmikan.

Halaman
12
Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved