Breaking News:

Berita Kalteng

Warga Palangkaraya Masih Ketakutan Anjing Liar Rawan Bawa Penyakit Rabies

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangkaraya melanjutkan program pemberian vaksin rabies untuk tahun 2021 yang dilaksanakan para relawan.

TRIBUN PONTIANAK/ALFON PARDOS
ILUSTRASI – Penyuntikan vaksin rabies. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, berupaya untuk terus memberikan vaksin kepada hewan yang rawan menularkan rabies.

Anjing adalah salah satu hewan yang ada di Kota Palangkaraya yang selama ini menjadi momok bagi sebagian warga. Populasinya bisa mencapai ribuan ekor dan yang ada liar, rawan menggigit warga.

Beberapa warga mengaku ketakutan bila lewat lingkungan yang banyak anjing liar, terutama saat malam, khawatir diserang.

"Malam hari pernah lewat Jalan Sapan Raya bagian belakang, banyak anjing yang mengejar. Untung tidak sampai tergigit.  Saya takut, kalau-kalau rawan rabies," ujar Rivan salah satu warga di Jalan Sapan, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Terapkan PPKM di Palangkaraya, Tim Satgas Covid-19 Fokus di 14 Kelurahan Zona Merah

Baca juga: Polda Kalteng Gulung Kelompok Penambang Emas Ilegal di Kapuas, Sita Dua Ekskavator dan Senpi Rakitan

Sementara itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangkaraya membahas program vaksinasi rabies untuk tahun 2021.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner DPKP Palangkaraya, Sumardi, mengatakan, pertemuan itu untuk mengevaluasi hasil kerja tahun 2020 dan permulaan kerja di tahun 2021 tentang program vaksinasi rabies.

Dia mengatakan, progam vaksinasi rabies tidak lepas dari para vaksinator. Sedangkan saat ini, belum ada perubahan besar.

Dalam struktur para vaksinator rabies, masih berisikan relawan-relawan lama yang membantu program vaksinasi rabies DPKP.

Baca juga: Gelar Operasi Kamtibmas Cipta Kondisi di Palangkaraya, Kehadiran Polisi Kagetkan Pengunjung THM

Baca juga: Cara Unik Spiderman Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 di Sampit Kalteng, Begini Respons Warga

Dia mengatakan salut dengan para relawan tersebut karena selama ini bekerja secara optimal dalam pencegahan rabies tersebut.

"Kami salut, para vaksinator ini bekerja dengan tulus ikhlas membantu program vaksinasi rabies. Kami sadar, honor yang diberikan bagi para vaksinator ini masih terbilang kecil, tapi mereka bekerja optimal,” ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved