Breaking News:

Berita Banjarmasin

100 Personel Polda Kalsel Siap Donor Plasma Konvalesen, Ini Respons UDD PMI Banjarmasin

Sekitar 100 personel di jajaran Polda Kalsel menjalani pengambilan sampel donor plasma konvalesen di Aula Mathilda Polda Kalsel.

banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Pengambilan sampel plasma konvalesen anggota Polda Kalsel, Jumat (19/2/2021) 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sekitar 100 personel di jajaran Polda Kalsel menjalani pengambilan sampel donor plasma konvalesen di Aula Mathilda Polda Kalsel, Jumat (19/2/2021).

Pengambilan sampel onor plasma konvalesen dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalsel bekerja sama dengan RS Bhayangkara dan Unit Donor Darah, UDD PMI Banjarmasin 

Kepala UDD PMI Banjarmasin, dokter Aulia Ramadhan Supit pun sangat mengapresiasi partisipasi dari Polda Kalsel tersebut.

Pasalnya dengan adanya kegiatan tersebut, setidaknya Polda Kalsel ikut membantu UDD PMI Banjarmasin untuk memenuhi stok kebutuhan plasma konvalesen di Kalsel.

Baca juga: Jadi Pendonor Plasma Konvalesen, Anggota Polda Kalsel dan Polres Jajaran Diambil Sampel Darahnya 

Baca juga: PPKM Mikro di Banjarmasin, Ditsamapta Polda Kalsel Operasi Yustisi di Kota Banjarmasin Imbau 5M

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi, karena Polda Kalsel ikut peduli dalam pemenuhan kebutuhan plasma konvalesen ini. Dan memang kami bekerjasama dengan instansi-instansi untuk mencukupi kebutuhan plasma konvalesen," ujar dokter Rama.

Dokter Rama pun menerangkan sekitar 100 anggota Polri yang diambil sampel plasma konvalesen tersebut semuanya adalah penyintas Covid-19.

"Jadi kita ambil sampel terlebih dahulu pada hari ini, untuk dicek apakah titer antibodinya masih ada dan bisa menjadi pendonor," kata dokter Rama.

Pria yang juga pernah menjadi dokter Timnas sepakbola putri Indonesia di ajang Piala AFF Women Championship 2019 di Thailand ini pun menargetkan lebih dari separo dari yang diseleksi, bisa menjadi pendonor plasma konvalesen.

"Kami berharap setidaknya sekitar 80 persennya bisa dijadikan pendonor untuk memenuhi permintaan plasma konvalesen yang sangat tinggi," jelasnya.

Dokter Rama juga menjelaskan bahwa untuk bulan ini, pihaknya sudah memproduksi sekitar 90 kantong.

"Untuk bulan ini saja sudah lebih dari 90 kantong, dan kalau dari awal mungkin sudah hampir 200 kantong plasma konvalesen yang kami produksi dan sudah didistribusikan ke berbagai rumah sakit di Kalsel bahkan hingga Kaltim dan Kalteng," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved