Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Pemprov Kalsel Masih Tunggu Pelantik Bupati dan Wali Kota Terpilih Pilkada Kalsel 2020

Baru-baru ini santer beredar kabar jika pelantikan bupati dan wali kota terpilih dalam Pilkada Kalsel 2020, bakal digelar pada 26 Februari 2021.

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Baru-baru ini santer beredar kabar jika pelantikan bupati dan wali kota terpilih dalam Pilkada Kalsel 2020, bakal digelar pada 26 Februari 2021.

Tapi kenyataannya, hingga kini pelantikan bupati  dan wali kota terpilih dalam Pilkada Kalsel 2020 lalu belum juga ditentukan tanggalnya.

Meski agendanya sudah ditetapkan dalam minggu ke empat bulan Februari 2021, namun tanggal pelaksanaan juga belum ada kepastian.

Kabag Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Pemprov Kalsel, Wirayudha Perdana, menyatakan hingga saat pihaknya belum mendapat kepastian tanggal dan siapa yang akan melakukan pelantikan bupati dan wali kota.

Baca juga: PPKM Mikro di Banjarmasin, Ditsamapta Polda Kalsel Operasi Yustisi di Kota Banjarmasin Imbau 5M

Baca juga: Pilgub Kalteng 2020, KPU Kalteng Tetapkan H Sugianto Sabran-H Edy Pratowo Pemenang Pilgub Kalteng

Baca juga: Banjir Kalsel, Sektor Wisata HST Rugi Rp2 Miliar, Tersisa Wisata Air Panas Hantakan Bisa Dikunjungi

"Hingga kini belum ada radiogram ataupun surat terkait waktu pelantikan, jadi kita belum tahu kapan tepatnya," ujar Wirayudha kepada Banjarmasinpost.co.id Jumat (19/2/2021).

Terkait siapa yang akan melantik jelas Wirayudha juga belum ditetapkan. Pasalnya Kalsel tak memiliki gubernur definitif yang memilki kewenangan untuk melantik.

"Mungkin dari surat selanjutnya dari Kemendagri akan diperjelas," tambahnya.

Diketahui ada empat kabupaten dan satu wali kota yang kepala daerahnya akan dilantik secara virtual yakni Kota Banjarbaru, HST, Balangan, Banjar, Tanahbumbu.

Sedangkan Banjarmasin dan Kotabaru masih dalam status sengketa pilkada sehingga menunggu penunjukan PJ wali kota dan bupati oleh Pemprov Kalsel.

Pelantikan kali ini menarik karena calon kepala daerah yang dilantik tidak akan hadir di ibukota provinsi Kalsel, Banjarmasin, melainkan akan tetap berada di ibu kota masing-masing daerahnya untuk dilantik.

Hal itu sesuai dengan surat dari Kemendagri yang disampaikan ke Pemprov Kalsel.

(banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved