Breaking News:

Berita Tabalong

Tak Standar, Belasan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Disita Satlantas Polres Tabalong

Jajaran Satlantas Polres Tabalong menindak pengendara yang menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat kendaraan tak standar

banjarmasinpost.co.id/dony usman
Kasatlantas Polres Tabalong Iptu Narenda Rian Agusta perlihatkan TNKB yang tidak standar, Jumat (19/2/2021). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Selain menertibkan knalpot brong, jajaran Satlantas Polres Tabalong juga menindak pengendara yang menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat kendaraan.

Berdasarkan data yang ada, sudah terdapat 19 pasang TNKB baik mobil maupun sepeda motor disita hasil dari penindakan yang dilakukan sejak Januari 2021.

Semua plat kendaraan itu kemudian dipampang di tempat khusus agar masyarakat bisa mengetahui jenis TNKB yang tidak sesuai dengan standar.

Nampak dari TNKB yang dipampang diantaranya ada dengan bahan plastik mika, ada juga warna cat yang tidak sesuai, jenis huruf berbeda dan lainnya.

Baca juga: Gunakan Gerinda, 20 Knalpot Brong Sitaan Satlantas Polres Tabalong Dimusnahkan

Baca juga: Tertibkan Motor dengan Knalpot Bising, Satlantas Polres Tabalong Jaring 23 Pelanggar

Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori, melalui Kasatlantas Iptu Narendra Rian Agusta, Jumat (19/2/2021), menyampaikan, TNKB yang mereka sita ini dipastikan tidak standar karena tidak dikeluarkan oleh Samsat.

"Ini melanggar pasal 60 undang-undang lalulintas dan jalan," tegas Narendra.

Dimana dalam ketentuan itu diatur setiap kendaraan bermotor harus menggunakan TNKB sesuai dengan yang dikeluarkan Samsat.

Dalam penindakan terhadap pengendara yang TNKB nya tidak standar ini, pihaknya mengenakan sanksi berupa tilang dan penyitaan terhadap TNKB.

Baca juga: Satlantas Polres Tabalong dan Lembaga Kursus Mengemudi Dukung Rencana Pembentukan ISDC di Tiap Polda

"TNKB kita pampangkan untuk informasi ke masyarakat bahwa ini adalah TNKB yang tidak sesuai dengan peruntukannya,"  ujarnya.

Dirinya juga memastikan penertiban terhadap kendaraan bermotor yang menggunakan TNKB tak standar ini akaj terus dilakukan.  (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved