Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

VIDEO Warga Kabupaten Banjar Ini Idap Kanker Nasofaring, Keluarga Bingung Perawatannya

Penderita kanker nasofaring tinggal di Desa Kampung Melayu Ulu, Kabupaten Banjar, Kalsel, tak bisa bicara, mendengar dan juga beraktivitas.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Empat bulan, seorang lelaki hanya bisa tergolek lemah di dalam rumahnya. Sakit yang diderita, membuatnya tak bisa banyak melakukan aktvitas.

Tubuhnya terlihat kurus. Tidak hanya itu, dia pun tak dapat berbicara dan mendengar lagi.

Dialah Muhammad Subhan (49), warga Kampung Melayu Ulu RT 5, Pematang Seberang, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Sang istri, Nur Atiyah, mengatakan, suaminya didiagnosis menderita kanker nasofaring.

Baca juga: Pemkab Banjar Bahas Penanggulangan Kemiskinan Dampak Covid-19 dan Pasca Bencana Banjir

Baca juga: Pelantikan Bupati dan Wali Kota Terpilih di Kalsel Akan Digelar Virtual

"Ini baru diketahui November 2020 lalu. Saat itu, dia mengeluh sakit yang sudah tidak tertahankan dan meminta untuk dibawa ke Rumah Sakit Martapura," cerita Ati, Kamis (18/2/2021).

Dari sanalah, menurutnya, Ia dan keluarga mengetahui penyakit yang diderita suami. Suami didiagnosis mengidap kanker nasofaring stadium empat.

Nasofaring adalah salah satu jenis kanker yang timbul pada nasofaring, yakni area yang terletak di belakang hidung, di sebelah atas bagian belakang tenggorokan.

Kondisi demikian, dapat menimbulkan gejala berupa benjolan pada tenggorokan, penglihatan kabur, hingga kesulitan membuka mulut.

Baca juga: Biaya Parkir di RSUD Ratu Zaleha Martapura Digratiskan Pemkab Banjar

Baca juga: Bupati Banjar H Khalilurrahman Mohon Diri untuk Mengakhiri Jabatan

"Sebelum didiagnosis, suami saya sudah sakit, tidak mendengar dan lainnya. Akan tetapi, masih bisa ditahan dan ia juga masih bisa beraktivitas. Namun November 2020, sudah tidak tahan lagi dan sampai saat ini kondisinya seperti ini," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Bulkis
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved