Breaking News:

Berita Banjar

Kurangi Beban Penderitaan Korban Banjir Kalsel, PMI Banjar Gelar Layanan Kesehatan di Daerah Pelosok

PMI memberikan layanan kesehatan korban banjir baik di pengungsian maupun  daerah-daerah pedalaman yang sulit dijangkau dengan kendaraan.

PMI Banjar untuk BPost
PMI Kabupaten Banjar melayani kesehatan warga terdampak banjir di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalsel, Minggu (21/2/2021). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar melakukan berbagai upaya untuk membantu mengurangi beban penderitaan warga yang terdampak bencana banjir.

Bentuknya secara rutin PMI memberikan pelayanan kesehatan di pengungsian maupun  daerah-daerah pedalaman yang sulit dijangkau dengan kendaraan.

“Alhamdulillah, saya bisa melakukan pemeriksaan anak saya,”ucap Nida (38) warga Desa Pembatanan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Sabtu (20/2/2021).

Nida mengantarkan putrinya, memeriksakan kesehatan kepada tim medis PMI Banjar yang melakukan kegiatan di desa Pembantanan Kecamatan Sungai Tabuk.

Baca juga: Kodim Martapura Beri Bantuan untuk Korban Banjir 2 Desa di Kabupaten Banjar

Baca juga: Ampuh Sembuhkan Pasien Covid-19, Permintaan Plasma Konvalesen di UDD PMI Banjarmasin Tinggi

Baca juga: Kunjungi Korban Banjir Kalsel, Malam Hari Gubernur Antarkan Bantuan ke Datar Ajab HST

Pasca Banjir melanda Kabupaten Banjar, 5 Januari 2021 lalu, PMI Banjar telah memberikan pelayanan kesehatan ke 55 titik lokasi dengan total 1661 warga terdampak banjir.

Artinya, ribuan warga korban bencana banjir luapan sungai Martapura Kabupaten Banjar rutin periksakan Kesehatannya ke tim medis PMI Banjar yang disiagakan di posko pengungsian maupun yang dikunjungi tim kesehatan PMI Banjar kerumah-rumah warga.

Naimah Kepala Markas PMI Kabupaten Banjar, menuturkan sebanyak 25 tenaga medis PMI Banjar dikerahkan untuk melayani korban banjir terdiri dari dokter, perawat, bidan, apoteker.

"Kemudian sebanyak 1661 warga yang telah periksa kesehatannya di Posko Kesehatan PMI yang disiagakan pasca Banjir," katanya.

Baca juga: Satu Bulan Bantu Korban Banjir di Kalsel, Relawan Mapala UNISI Tinggalkan Kenang-kenangan di HST

Menurutnya, tim medis PMI juga dibantu tenaga kesehatan yang berasal dari organisasi kesehatan maupun perorangan yang memiliki kompetensi dibidang kesehatan.

"Untuk pengadaan obat-obatannya,  kami dibantu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikatan Apoteker Cabang Banjar, dan donatur PMI," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved