Breaking News:

Bumi Sanggam

Bumdes di Kabupaten Balangan Jadi Sarana Pengembangan Ekonomi Berbasis Potensi Lokal

BUMDes di Kabupaten Balangan dibentuk untuk meningkatkan pendapat asli desa sekaligus memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Urai Nur Iskandar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa menjadi wadah pengembangan perekonomian masyarakat desa.

Terutama, apabila Bumdes yang ada, lebih ditingkatkan perihal pengembangannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar, menyampaikan, keberadaan BUMDes yang sudah berjalan diharapkan bisa maksimal. 

Hal itu sesuai dengan tujuan dibentuknya BUMDes, yakni meningkatkan pendapat asli desa sekaligus memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

“Hingga kini baru sekitar 30 lebih BUMDes yang aktif dalam menjalankan usahanya, sedangkan  lainnya belum menjalankan usahanya. Inilah yang kami dorong, agar keberadaan BUMDes terus berkembang dan maju,” ucapnya, Senin (22/2/2021).

Dinasnya pun, ucap Urai, terus melakukan upaya pemberdayaan terhadap masyarakat. 

Pasalnya, berbagai potensi yang ada di desa perlu adanya pengelolaan lebih permanen di masing- masing usahanya.

Sehingga diharapkan, Bumdes bisa menjadi sarana pengembangan ekonomi berbasis lokal.

“Potensi desa sudah tersedia, sebagai tindak lanjutnya, perlu kami tingkatkan kapasitas aparaturnya demi memberdayakan masyakarat desa menuju peningkatan taraf hidup masyarakatnya. Inilah yang kami harapkan satu di antaranya lewat keberadaan BUMDes," tutup Kepala Dinas PMPD Balangan ini. (aol/*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved