Breaking News:

Berita Tanahlaut

Cukupi Pasokan LPG 3 Kg, SPBE Jorong Kabupaten Tala Tambah Truk Pengangkut

Pengelola SPBE Jorong Kabupaten Tala memanfaatkan truknya yang berada di Palangkaraya untuk menambah armada pengangkutan LPG dari Balikapan, Kaltim.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY
Inilah SPBE di Jorong Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang khusus melayani penyediaan elpiji subsidi di kabupaten setempat, wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (22/2/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Ketidaklancaran lalu lalu lintas ke Kota Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), sejak pertengahan Januari 2021 masih terasa imbasnya hingga sekarang.

Paling nyata adalah seretnya pasokan liquified petroleum gas (LPG) karena jalur alternatif ke Pelaihari (Atilam-Kunyit) tak boleh dilintasi armada besar/berat, termasuk armada elpiji.

Padahal Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) LPG 3 kg untuk wilayah Kabupaten Tala, terletak di Kecamatan Jorong. Sementara itu, depo gas berada di dekat Jembatan Barito, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Kondisi itu diperburuk terjadinya kerusakan parah Jalur Lingkar Utara atau Jalan Gubernur Syarkawi Kalsel yang merupakan akses utama menuju depo di kawasan Kabupaten Batola tersebut.

Baca juga: Stok Bahan Pangan di Tala Stabil, Harga Cabai Semua Jenis Masih Mahal

Baca juga: Laka Lantas di Tala, Tabrakan di Jalan Menikung Depan Kantor Camat Pelaihari, Satu Nyawa Melayang

Pihak SPBE Jorong Kabupaten Tala yang dioperasikan PT Berkah Putra Ramadhan itu pun pontang-panting mencari cara agar pasokan Elpiji Melon tetap mengalir meski terbatas. 

"Beberapa pekan lalu saya mesti sampai menggeser tiga armada dari SPBE di Palangkaraya. Itu sesuai arahan pihak Pertamina," ucap Narto, owner SPBE subsidi Kabuapten Tala, Senin (22/2/2021).

Ia menuturkan SPBE miliknya yang berada di wilayah Kelurahan Kalampangan Kota Palangkaraya memang belum beroperasional. Karenanya, truk tangki angkutan gas yang ada, ditarik sementara ke Kabupaten Tala.

Armada berupa truk tangki berbobot 13 ton tersebut kemudian digunakan untuk mengisi gas subsidi di depo di Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Baca juga: Percepat Pengembangan Kawasan Industri Jorong, Pemkab Tala Perkuat Promosi Digital

Baca juga: Pohon Ulin di Tanahlaut Semakin Langka, Kepala KPH Tala Sebut Tiga Kilometer Masuk Hutan Baru Ada

"Totalnya ada lima truk tangki kami yang merapat ke depo di Balikpapan. Dua unit yang ada di SPBE Jorong. Semuanya bervolume 13 ton," sebut Narto.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved