Breaking News:

Berita Banjarmasin

Jalankan Perintah Mabes Polri, Polda Kalsel Gelar Tes Urine Terhadap Anggotanya

Polda Kalsel menggelar pemeriksaan urine anggotanya. Bidang Propam dan Direktorat Intelkam menjalani pemeriksaan urine di hari pertama ini. 

Humas Polda Kalsel untuk BPost
Puluhan Anggota Polri di Polda Kalsel menjalani tes urine, Senin (22/2/2021). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menjalankan perintah Mabes Polri, tes urine terhadap Anggota Polri di Polda Kalsel dan Polres Jajaran dimulai pada Senin (22/2/2021).

Puluhan Anggota Polri dari dua Satker di Polda Kalsel yaitu Bidang Propam dan Direktorat Intelkam menjalani pemeriksaan urine di hari pertama ini. 

Sambil diawasi ketat, satu persatu anggota diminta memberikan sampel urinenya untuk diperiksa apakah ada indikasi penggunaan narkotika atau tidak. 

Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengatakan, tes urine dilaksanakan setelah adanya telegram dari Mabes Polri melalui Divisi Propam Mabes Polri yang memerintahkan seluruh Polda melaksanakan tes urine. 

Baca juga: Tes Urine Seluruh Anggotanya, Kepala BNN Balangan Lega Seluruh Pegawainya Negatif

Baca juga: Operasi Zebra Intan 2020 Kabupaten Tanahbumbu, Pengendara Juga Tes Urine Narkoba

Baca juga: VIDEO Semua Pejabat Pemkab Tanahlaut Jalani Tes Urine

Ia juga menyebut munculnya perintah tes urine massal bagi Anggota Kepolisian merupakan buntut dari ditangkapnya Kapolsek Astaanyar beserta sejumlah anggotanya yang kedapatan menggunakan narkotika. 

"Sebagai tindaklanjut kejadian di Polsek Astana di Bandung, Jawa Barat yang menimpa salah satu Kapolsek dan anggotanya. Ada telegram dari Mabes Polri melalui Divisi Propam Mabes Polri memerintahkan seluruh Polda melaksanakan tes urine kepada anggotanya," kata Kabid Humas. 

Setelah dilaksanakan di dua Satker, tes urine kata dia akan dilanjutkan ke Satker lainnya namun dengan jadwal yang diacak dan tentunya tidak diumumkan sebelumnya. 

"Dilaksanakan diam-diam tidak diberitahu sebelumnya. Percuma kalau sudah ketahuan akan ada tes urin," ungkapnya. 

Jika ternyata ada anggota yang terindikasi positif, akan dilakukan penyelidikan terhadap yang bersangkutan apakah memang merupakan pengguna narkotika. 

Tindakan tegas juga kata Kombes Pol Rifa’i akan diambil jika ada anggota yang terbukti positif sebagai pengguna narkotika. 

Baca juga: Geger Mobil Terjungkal Tabrak Pembatas Jalan di Tabalong, Urine Pengemudi Ternyata Positif Narkoba

Baca juga: Mendadak, 100 Anggota Polresta Banjarmasin Dites Urine, Wakapolresta Sebut Satu Terindikasi Pemakai

Risiko pemecatan sebagai Anggota Polri juga menjadi ancaman yang mungkin diterima oleh anggota yang kedapatan mengonsumsi narkotika. 

"Ya akan ditindaklanjuti dengan tindakan tegas, ini disampaikan Pak Kapolda saat coffee morning pagi ini," beber Kabid Humas. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved