Breaking News:

Bumi Sanggam

Dinas Perpustakaan Balangan Tingkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Keliling 

Layanan berupay perpustakaan keliling ke berbagai lokasi, bertujuan meningkatkan minat baca dan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Balangan, Kalsel

BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Murid SD terlihat membaca buku yang disediakan Perpustakaan Keliling di Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, rutin mengelar pembinaan perpustakaan, yakni berupa pembenahan keberadaan perpustakaan.

Hal itu dilakukan kepada perpustakaan daerah, kecamatan maupun perpustakaan desa. Tujuannya, meningkatkan minat baca dan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan Balangan, Mahyudi, menyampaikan, untuk pembinaan ini pihaknya memiliki tim khusus yang berada di bawah bidang pelayanan dan pembinaan. Mereka pun langsung turun ke lapangan melakukan pembinaan.

Tambah Mahyudin, pembinaan juga tentang pengoperasionalan perpustakaan yang benar, baik itu administrasi maupun tata letak atau penyusunan buku sesuai pengelompokan jenis buku.

“Tim pembinaan ini kami isi dengan para pustakawan yang mana mereka sudah sangat paham bagaimana menjalankan perpustakaan. Ilmu inilah yang kami tularkan kepada pengelola perpustakaan lainnya,’’ ujar Mahyudin, Selasa (23/2/2021).

Sedangkan untuk kegiatan perpustakaan keliling, lanjutnya, sebelum pendemi lalu Dinas Perpustakaan Balangan menetapkan jadwal rutin untuk perpustakaan berkeliling ke semua wilayah Kabupaten Balangan.

“Untuk perputakaan keliling kami jadwalkan empat kali dalam seminggu untuk berkeliling,’’

Keberadaan perpustakaan keliling dimaksud agar masyarakat tidak perlu lagi datang ke perpustakaan yang di semua tempat ada keberadaanya. Untuk itu, kunjungan perpustakaan keliling fokus ke daerah yang masih minim perpustakaan dan sekolah-sekolah.

Pelayan perpustakaan keliling ini menurut Mahyudi, dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat secara luas.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan layanan.  Satu di antaranya melalui perpustakaan keliling. Selain itu  menyuguhkan buku bacaan yang menarik dan bermanfaat. Sehingga minat baca masyarakat semakin meningkat,’’ tutupnya. (aol/*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved