Breaking News:

Berita Jakarta

Kasus Mesin Boeing Terbakar di AS, Bos Garuda Pastikan 10 Pesawat Boeing 777-300 ER Laik Terbang

Pesawat United Airlines mengalami kerusakan mesin dan puing-puing pesawatnya tersebar di pinggiran kota Denver, AS, Sabtu (20/2/2021).

Twitter/michaelagiula
Pesawat berhasil mendarat dengan satu mesin di bandara Denver, Sabtu (20/2/2021). 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Lusinan pesawat Boeing 777 di-grounded di seluruh dunia, Senin (22/2/2021).

Ini menyusul peristiwa yang melanda United Airlines, yang mengalami kerusakan mesin dan puing-puing pesawatnya tersebar di pinggiran kota Denver, AS, Sabtu (20/2/2021).

Insiden terjadi saat pesawat tengah terbang dan tiba-tiba sebagian mesin terbakar dan putus. Akhirnya, pesawat kembali ke bandara.

Peristiwa ini mendorong United Airlines untuk menghentikan penggunaan seluruh pesawat dengan mesin Pratt & Whitney 4000 itu.

Baca juga: VIDEO Viral Mesin Pesawat Boeing 777 Meledak & Terbakar di Udara, Pecahan Mesin Hantam Rumah Warga

Baca juga: Siap Take Off di Runway, Pesawat Lion Air Mendadak Batal Terbang ke Surabaya, Terungkap Penyebabnya

Baca juga: Sehari, Pesawat Militer Nigeria dan Meksiko Sama-sama Jatuh, Seluruh Penumpang Tewas

Meskipun tak ada korban terluka, ini menjadi kemunduran terbaru bagi Boeing.

Sementara itu di Indonesia, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan 10 armada Boeing 777-300ER yang dioperasikan maskapainya telah memenuhi kriteria laik terbang.

Kondisi laik itu berdasarkan ketentuan aircraft maintenance manual dibawah pengawasan penuh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Hal ini diungkapkan Irfan untuk menjawab terkait insiden dengan indikasi kegagalan fan blade engine pada pesawat boeing dengan tipe B777-200 di beberapa maskapai penerbangan dunia.

Menurut Irfan, armada B777-300ER yang dioperasikan Garuda Indonesia telah menjalani prosedur inspeksi kelayakan terbang sesuai manual manufaktur.

“Dapat kami sampaikan series pesawat tersebut berbeda dengan jenis armada B777 series yang Garuda Indonesia operasikan saat ini, yakni tipe B777-300ER yang pada dasarnya memiliki spesifikasi engine yang berbeda, dimana pesawat B777-300 ER yang saat ini dioperasikan Garuda Indonesia menggunakan engine tipe GE90-115B buatan pabrikan General Electric,” ujar Irfan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/3/2021).

Halaman
12
Editor: Didik Triomarsidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved