Breaking News:

Berita Balangan

Terbitkan Data Daerah, BPS Kerja Sama dengan Kominfo dan Bappeda Kabupaten Balangan

Data daerah dari BPS hasil kerja sama dengan Kominfo dan Bappeda bisa menjadi acuan Pemkab Balangan dalam menyusun kebijakan atau program pemnbangunan

BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Petugas Badan Pusat Statistis Kabupaten Balangan, bersama Bappeda dan Kominfo daerah setempat, menggelar diskusi tentang Daerah Dalam Angka, Senin (22/2/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Keterbukaan atau transparansi data penduduk melalui Badan Pusat Statistik terus ditingkatkan.

Bahkan, data tersebut telah bisa diakses pada situs yang disediakan oleh BPS, khususnya BPS Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Kepala BPS Kabupaten Balangan, Deddy Winarno, mengatakan, keterbukaan data kependudukan bisa dilihat dan di download pada situs http://balangankab.bps.go.id.

Pihaknya menyediakan data berupa statistik dasar seperti kependudukan, kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan lainnya.

Baca juga: Rampingkan SKPD di Balangan, Bupati Terpilih Abdul Hadi Sisakan 22 Perangkat Daerah

Baca juga: Operasi Yustisi Satgas Covid-19 Balangan, Pasar dan Pangkalan Ojek Jadi Sasaran 

Namun rupanya, lanjut dia, BPS sering mendengar adanya ungkapan tentang data yang ada dimana-mana namun ketika dicari tidak ada dimana-mana. 

"Ungkapan itu sering dilontarkan oleh pengguna data, terutama untuk mendapatkan data resmi dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," ucap Deddy. 

Lantas untuk mengatasi hal tersebut, BPS Balangan berkolaborasi dengan Diskominfo dan Bappeda melaksanakan Focus Group Discussio (FGD) tentang Daerah Dalam Angka (DDA), Senin (22/2/2021).

Publikasi DDA ini, ucap Deddy, terbit lebih awal supaya data-datanya bisa digunakan untuk perencanaan dan evaluasi kegiatan.

Baca juga:  Imbau ASN Tinggal di Balangan, Bupati Terpilih Ingin Perputaran Roda Ekonomi Meningkat

Melalui FGD, menjadi sarana untuk untuk mengkonfirmasi data-data yang diberikan oleh dinas terkait apakah sudah sesuai atau belum. 

Halaman
123
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved