Breaking News:

Berita Banjarmasin

Vakum Tiga Tahun, Pemilihan Naga Banjarmasin Digelar pada Maret 2021

Penyelenggaraan Naga Banjarmasin dilaksanakan 1 Maret 2021 dimulai dari pengumuman, sosialisasi, pendaftaran, seleksi hingga pemilihan.

BANJARMASINPOST.CO.ID/SYAIFUL ANWAR
Rapat persiapan pemilihan Nanang Galuh (Naga) Banjarmasin 2021. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah vakum selama tiga kali melaksanan pemilihan Nanang Galuh (Naga) Kota Banjarmasin, rencananya tahun 2021 ini akan digelar.

"Insha Allah,tahun ini kami akan menggelar pemilihan Naga Banjarmasin," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ( Disbudpar Banjarmasin ), Ehsan El-Haque, Selasa (23/2/2021).

Rencana awal, lanjut dia, kegiatan pemilihan Naga Banjarmasin akan digelar Februari 2021.

Berhubung ada sistem baru dalam keuangan, sehingga baru bisa dilaksanakan 1 Maret 2021 dengan pengumuman, sosialisasi, pendaftaran, seleksi hingga pemilihan.

Baca juga: Satgas Normalisasi Sungai Siapkan Contoh Jembatan untuk Dua Jalan di Banjarmasin

Baca juga: PPKM Mikro di Banjarmasin Berakhir, Warga Ditekankan Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

"Kami minta calon Naga benar-benar mempersiapkan diri dan menguasai tentang Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin," ungkapnya.

Ditambahkan , berhubung masih dalam kondisi pandemi Covid 19, pelaksanaan pemilihan Naga Banjarmasin ada yang online dan off line dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Pemilihan Naga Banjarmasin nanti tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, peserta tidak boleh membawa suporter seperti keluarga, teman-teman dan lain-lain," tandas Ehsan.

Terpisah, Kabid Kebudayaan Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Fatimah Adam,  mengatakan pendaftaran bisa dimulai tanggal 1 Maret nanti.

Baca juga: Tes Urine di Polresta Banjarmasin, Kapolresta Peringatkan Personel Tak Terlibat Narkoba

Persyaratan untuk pemilihan Naga, di antaranya, ber KTP Banjarmasin, usia 17 tahun sampai 23 tahun, belum pernah menikah, sehat jasmani dan rohani, mengisi formulir pendaftaran dan mengumpul biodata lengkap serta mengumpul foto full body berwarna 5R.

"Bagi mahasiswa, ada surat keterangan dari kampus masih berstatus mahasiswa," ujar Fatimah.

Dia berharap, walau pun di tengah Covid-19, peserta yang mengikuti pemilihan Naga tetap banyak, sehingga bisa memilih yang terbaik diantara yang baik. 

Ditambahkan dia, kepanitiaan nanti merupakan Nanang Galuh Kota Banjarmasin terdahulu dan lintas generasi, supaya berwarna.

Baca juga: Sering Terendam, SD Muhammadiyah Banjarmasin Dapat Bantuan Tanah Urukan

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru, UNISKA MAB Banjarmasin Buka Pendaftaran Mulai Awal Maret

"Mereka yang saat ini sudah sukses berkarier. Ada budayawan, guru, pemerintahan, dokter, dosen dan lain-lain," pungkas Fatimah.

(Banjarmasin post.co.id/Syaiful Anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved