Breaking News:

WEEKLY ANIMAL

WEEKLY ANIMAL-Burung Perkutut Tiga Ratus Juta, Ternak Perkutut Ala Sumo Bird Farm Banjarmasin

umo Bird Farm, salah satu peternakan burung perkutut di Kota Banjarmasin Kalsel yang dimiliki oleh Dedi Happyanto.

Penulis: Kristin Juli Saputri | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost
WEEKLY ANIMAL - PERKUTUT SUMO BIRD FARM, Kamis (25/2/2021). 

Editor : Hari Widodo
 
BANJARMASINPOST.CO.ID - Sumo Bird Farm, salah satu peternakan burung perkutut di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan yang dimiliki oleh Dedi Happyanto.

Lebih tepat, lokasinya beralamat di Komplek Banjar Indah Permai, Jalan Kayu Balau, Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Sumo Bird Farm di sini berdiri sejak tahun 2018 silam dan sampai sekarang sudah ada ratusan burung terdiri dari perkutut lokal dan import.

Perkutut di Sumo Bird Farm telah bisa dibeli sejak umur dua bulan sejak menetas. Sebelum itu, mereka mendapatkan penanganan perawatan intens terlebih dahulu dari peternak.

Baca juga: WEEKLY ANIMAL - Lucunya Bayi Sugar Glider Bisa Menangis, Harga Ratusan Ribu Sampai Jutaan Rupiah

Baca juga: WEEKLY ANIMAL - Buaya Viral Saat Banjir di Lokbaintan, Kondisinya Kini di BKSDA Kalsel

Burung perkutut menjadi primadona karena memiliki bunyi yang begitu indah. Maka semakin cantik suara perkutut, harga pun akan semakin mahal.

Rata-rata anakan burung perkutut ternak Deddy Haryanto dijual mulai dari harga Rp 1 juta sampai Rp 5 juta tergantung dari suara yang dihasilkan.

Akan berbeda lagi bila memasuki usia 5 bulan ke atas, burung perkutut dapat mencapai harga Rp 10 juta hingga ratusan juta rupiah.

Menariknya, burung perkutut di sini bukanlah perkutut biasa, beberapa di antaranya telah mengharumkan nama daerah di ajang perlombaan baik tingkat regional maupun nasional.

Oleh karena itu tak mustahil bila ada burung perkutut yang dijual dengan harga Rp 300 juta.

"Ada indukan perkutut di kandang tripel D (DDD) sudah juara di Jakarta, udah beberapa kali juara bahkan juara Liga Batavia Jakarta, " kata Agus, Karyawan Sumo Bird Farm, Selasa (9/2/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved