Breaking News:

Berita Kalteng

Kembangkan Potensi Produk Unggulan Desa, Ini Upaya yang Dilakukan Camat Kapuas Kuala Kalteng

Camat Kapuas Kuala, Inop bersama tim lakukan kunjungan ke sejumlah desa guna menjajaki pengembangan potensi produk unggulan desa.

banjarmasinpost.co.id/Fadly Setia Rahman
Camat Kapuas Kuala Inop bersama Tenaga Ahli (TA) dari Kapuas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa serta Pendamping Desa Teknik Infrastruktur melihat dari dekat kolam ikan patin di salah satu kelompok tani perikanan di Desa Lupak Dalam. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Camat Kapuas Kuala, Inop bersama tim lakukan kunjungan beberapa waktu lalu ke sejumlah desa guna menjajaki pengembangan potensi produk unggulan desa.

Dalam kunjungannya Camat Kapuas Kuala didampingi Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur dan Tenaga Ahli dari Kabupaten Kapuas.

Itu dilakukan guna menjajaki dan melihat dari dekat produk unggulan desa khususnya di wilayah Kecamatan Kapuas Kuala dan juga kegiatan BUMDES.

Kegiatan itu bertujuan untuk melihat produk unggulan desa yang berpeluang untuk dikembangkan.

Baca juga: Camat Kapuas Kuala Kalteng Bagikan Masker dan Thermogun di Sekolah

Baca juga: Tunjang Program Food Estate di Kalteng, Sejumlah Dermaga akan Dibangun di Kabupaten Kapuas

Baca juga: Mengunjungi Wisata Kalteng Sungai Bakau Seruyan, Banyak Lokasi Spot untuk Berfoto

Sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat maupun kelompok, di samping itu juga melakukan evaluasi terhadap pengelolaan dana BUMDES.

Serta memberikan arahan petunjuk kepada para pengurus BUMDES baik perencanaan, penggunaan dan pengelolaan keuangan serta administrasi pertanggung jawaban anggaran.

Dalam kesempatan tersebut Tenaga Ahli didampingi Camat Kapuas Kuala Inop, bersama rombongan melakukan kunjungan ke salah satu kelompok tani perikanan "Berkat Bersama" Desa Lupak Dalam Kecamatan Kapuas Kuala.

Kelompok itu diketuai oleh Hamidin dan anggota yang berjumlah 10 orang mendapatkan bantuan bibit ikan patin serta bantuan pakan dari Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas.

Disampaikan oleh salah satu anggota kelompok, Abramsyah bahwa mereka sangat berharap kepada dinas terkait adanya pelatihan bagi kelompok.

Sehingga dapat lebih meningkatkan pendapatan walaupun selama ini tidak ditemukan hal-hal yang merugikan para petani baik hama penyakit maupun pemasaran hasil.

Ia juga menyampaian bahwa dalam waktu dekat akan ada bantuan mesin pakan dari Kemeterian melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kapuas.

Camat Kapuas Kuala Inop berharap kepada kelompok tersebut dengan adanya bantuan alat pembuat pakan ikan agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

"Saya berpesan untuk dirawat dan dijaga sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan menjadi contoh bagi kelompok kelompok yang lain," ungkapnya, Selasa (26/2/2021).

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved