Breaking News:

Berita Banjarmasin

TPS Sungai Andai Banjarmasin Ditutup Warga, Begini Respon Dinas LH

Satu bulan sudah, TPS Sungai Andai Kota Banjarmasin ditutup warga. Terkait itu, Dinas LH sudah berkoordinsi dengan warga

banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi
Posko penjagaan warga rt 39, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalsel, Sabtu (27/2/2021). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Satu bulan sudah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) milik Pemerintah Kota Banjarmasin yang ada di Kelurahan Sungai Andai, ditutup oleh warga sekitar.

Penutupan tersebut mereka lakukan lantaran merasa terganggu, oleh tumpukan sampah yang kerap meluber hingga ke jalan.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Marzuki mengaku sudah berkoordinasi dengan warga sekitar.

Dari hasil koordinasi tersebut, warga meminta agar pemerintah bisa melakukan pelebaran jalan, di sekitar TPS.

Baca juga: Sebulan Ditutup Warga, TPA di Sungai Andai Banjarmasin Dijaga 24 Jam Nonstop

Baca juga: Sampah di Banjarbaru 130 Ton Sehari, TPS Liar Bermunculan

Baca juga: TPS Liar Masih Bertebaran di Banjarbaru, Banner Berisi Sumpah Serapah Ekspresi Kegeraman Warga

Karena soal jalan bukanlah kewenangan DLH, maka pria yang akrab di sapa Jack tersebut mengaku sudah meneruskan permintaan warga kepada dinas terkait.

"Memang sudah kami sampaikan juga ke Dinas PUPR terkait hal itu, mungkin perlu waktu tidak bisa langsung dikerjakan," katanya. Sabtu (27/02/2021).

Jack menjelaskan, TPS tersebut sudah berada di sana sejak tiga tahun lalu namun tidak pernah dipermasalahkan oleh warga sekitar.

Jack menilai bahwa masalah baru itu muncul pasca terjadinya banjir, yang mana sampah bukan berasal dari rumah tangga juga ikut dibuang di sana.

"Usai banjir kemarin sampah semakin banyak di sana, dan kebetulan juga saat itu kami sedang fokus dengan penangan sampah di titik lain," ujarnya.

Baca juga: Pembangunan TPST Disetujui Warga Megasari Kotabaru, Kadisperkimtan Sebut Kontraktor Mulai Bekerja

Untuk itu Jack pun berharap agar pihak kelurahan bersama masyarakat mencari lokasi alternatif, sebagai tempat pembuangan sampah.

"Supaya masyarakat lain tidak terlalu jauh membuang sampah ke TPS lain, misal di Jalan Sultan Adam belakang Gedung Taekwondo," jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Penulis: Muhammad Rahmadi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved