Breaking News:

HSU Mantap

Bank Sampah Binaan DisperkimLH Kabupaten HSU Hadir di Tengah Masyarakat

Bank Sampah Buncu Elha binaan DisperkimLH Kabupaten HSU di Jalan Sukmaraga No 61 RT 7 Kelurahan Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kota Amuntai.

PEMKAB HSU
Bank sampah binaan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, bernama Buncu Elha, di Jalan Sukmaraga No 61 RT 7, Kelurahan Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Bank Sampah telah hadir di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. 

Bank sampah binaan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup ( DisperkimLH Kabupaten HSU ) tersebut bernama Buncu Elha.

Proses penyadaran lingkungan melalui tabungan sampah yang dinilai dengan uang, dapat mengubah paradigma masyarakat tentang sampah.

Bank sampah menjadi metode alternatif pengelolaan sampah yang efektif, aman, sehat dan ramah lingkungan.

Direktur Bank Sampah Buncu Elha Kabupaten HSU, Jakaria, menyampaikan, gerakan menabung di bank sampah merupakan salah satu upaya mengurangi permasalahan sampah. 

Pemilahan sampah plastik, bernilai ekonomis.
Pemilahan sampah plastik, bernilai ekonomis. (PEMKAB HSU)

Cara demikian dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk menambah pendapatan.

Masih menurut Jakaria, melalui gerakan menabung di bank sampah ini, terbukti efektif mampu mengurangi beban atau volume sampah yang terkirim di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten HSU.

Dengan begitu, lanjutnya, masyarakat juga tergugah kesadarannya dalam mengelola sampah.

"Untuk Bank Sampah Buncu Elha Kabupaten HSU hingga saat ini sudah memiliki sebanyak 49 unit. Jika kesadaran akan kebersihan dan pengelolaan sampah sudah baik, tentu nantinya volume sampah akan bisa berkurang. Bagi masyarakat yang ingin menabung atau menjual sampahnya, bisa datang langsung ke kantor kami di Jalan Sukmaraga No 61 RT 7 Kelurahan Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah,”  ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved