Breaking News:

Berita Banjarmasin

Dalami Kasus SMKN 1 Banjarmasin, Jaksa Ungkap Mantan Kepsek Simpan Dana Komite di Rekening Pribadi

Penyelidikan dugaan penyelewengan dana komite sekolah di SMKN 1 Banjarmasin jaksa menemukan dana komite disimpan di rekening pribadi

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Banjarmasin, Budi Muklish, Jumat (26/2/2021). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarmasin terus mendalami kasus dugaan penyelewengan dana komite di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Banjarmasin. 

Berdasar keterangan yang diperoleh Kejari Banjarmasin dari puluhan guru dan tenaga pendidik di sekolah ini, didapatkan sejumlah informasi tambahan. 

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Banjarmasin, Budi Muklish mengatakan, Kepala SMKN 1 Banjarmasin saat itu disebut menyimpan dana komite sekolah di rekening pribadinya. 

Hal ini diduga dilakukan sejak Tahun 2018 hingga Tahun 2020. 

Baca juga: Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Tabalong Dilimpahkan ke Kejaksaan, Dua Tersangka Ditahan

Baca juga: Kejari Banjarmasin Dalami Dugaan Penyelewengan Dana Komite Sekolah, 40 Guru Diperiksa

"Kepala sekolah menyimpan dana komite sekolah sejak tahun 2018 sampai tahun 2020 dalam rekening pribadi tanpa sepengetahuan seluruh anggota komite sekolah," kata Budi kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (28/2/2021).

Dana tersebut diduga digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 75 Tahun 2016 tentang dana komite sekolah. 

Diperkirakan, jumlah dana komite keseluruhan dari Tahun 2018 hingga 2020 mencapai puluhan juta rupiah. 

Pasalnya, dana yang dikembalikan oleh 33 guru, tenaga pendidik maupun tenaga honorer di SMKN 1 Banjarmasin hingga Minggu (28/2/2021) saja sudah mencapai Rp.68.850.000. 

Dana tersebut kata Budi dikembalikan oleh guru, tenaga pendidik maupun tenaga honorer setelah diklarifikasi dan dimintai keterangan oleh Kejari Banjarmasin

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved