Breaking News:

HSU Mantap

Dinas PPPA Kabupaten HSU Aktifkan Pusat Pembelajaran Keluarga untuk Layani Masyarakat

Puspaga Agung Berseri berada di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jalan Negara Dipa , Kelurahan Sungai Malang, Kabupaten HSU.

PEMKAB HSU
Layanan kepada masyarakat yang dating di Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Agung Berseri di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, sejak tahun 2016 sampai sekarang sudah memiliki Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga).

Fasilitas Puspaga yang diberi nama Puspaga Agung Berseri tersebut berlokasi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten HSU.

Letak Puspaga Agung Berseri di Jalan Negara Dipa No 25, Kelurahan Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten HSU.

Kepala DPPPA HSU, Gusti Iskandariah, mengatakan, Puspaga Agung Berseri ini sebagai tempat konseling bagi keluarga yang ingin mengkonsultasikan masalah.

Misalnya, pasangan yang mau menikah, pola asuh anak, masalah rumah tangga dan masalah keluarga lainnya.

Gusti Iskandariah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan.
Gusti Iskandariah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. (PEMKAB HSU)

Oleh karena itu, Puspaga Agung Berseri Kabupaten HSU ini disebut sebagai bentuk layanan pembelajaran dan pencegahan di bawah koordinator DPPPA.

Ini sebagai wujud kepedulian negara dalam meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga melalui program pendidikan, pengasuhan, keterampilan menjadi orangtua, keterampilan melindungi anak, kemampuan meningkatkan partisipasi anak dalam keluarga maupun penyelenggaraan program konseling bagi anak dan keluarga.

Sebagai pembimbing, konselingnya akan melibatkan para tenaga konselor, yaitu psikolog.

Puspaga Agung Berseri yang ada di DPPPA atau DP3A HSU memiliki dua layanan, yaitu layanan aktif dan pasif.

"Untuk layanan aktif, turun ke lapangan sekaligus memberikan sosialisasi serta menjangkau ke daerah atau tempat yang terpencil. Dari sosialisasi yang kami lakukan di lapangan, kami mendapati beberapa kasus yang sangat memerlukan layanan dari Puspaga. Sementara itu, untuk layanan pasif, mencakup penyelenggaraan konsultasi yang dapat diakses gratis bagi masyarakat dengan cara datang atau tatap muka langsung di kantor puspaga yang ada di DPPPA HSU," ujarnya.

Ia juga berharap dengan adanya layanan dari Puspaga Agung Berseri yang ada di DPPPA HSU ini mampu dimanfaatkan masyarakat yang konseling, baik konseling perkawinan pranikah, konseling anak, konseling keluarga dan konseling rumah tangga.

Karena, Puspaga Agung Berseri Kabupaten HSU ini penting untuk masyarakat dalam memberikan informasi dan memberikan layanan konseling terhadap masyarakat. (aol/*)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved