Breaking News:

PPnBM Nol Persen

Inilah Daftar 21 Mobil Dapat Insentif Pajak, Hari Ini PPnBM Nol Persen Resmi Berlaku

Berikut ini daftar mobil yang mendapat insentif fiskal berupa penurunan tarif PPnBM nol persen yang mulai berlaku hari ini, Senin (1/2/2021).

banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Ilustrasi Mobil murah di Indonesia.Inilah Daftar 21 Mobil Dapat Insentif Pajak, Hari Ini PPnBM Nol Persen Resmi Berlaku 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kebijakan PPnBM nol persen mulai berlaku hari ini. Sederet mobil dari berbagai merek ternama di tanah air pun kini jadi lebih murah.

Berikut ini daftar mobil yang mendapat insentif fiskal berupa penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM) yang mulai berlaku hari ini, Senin (1/2/2021).

Dengan adanya diskon pajak ini akan membuat harga mobil baru mulai dari Toyota, Daihatsu, Wuling dan lainnya diproyeksi menjadi lebih murah.

Namun ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Antara lain hanya berlaku untuk mobil dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc.

Baca juga: Percepat Pengembangan Kawasan Industri Jorong, Pemkab Tala Disarankan Tawarkan ke Investor Asing

Baca juga: Login www.prakerja.go.id, Cek Lolos atau Tidak Program Kartu Prakerja Gelombang 12

Diketahui, pemberian insentif pajak ini berlangsung selama 9 bulan ke depan yakni Maret-November 2021.

Insentif ini akan terbagi ke dalam 3 tahap, masing-masing tahapannya berlangsung selama 3 bulan.

Pada tahap pertama (Maret-Mei) besaran insentif PPnBM yang diberikan mencapai 100 persen, lalu sebesar 50 persen pada tahap kedua (Juni-Agustus), dan sebesar 25 persen di tahap ketiga (September-November).

Adapun segmen kendaraan bermotor yang dikenakan insentif pajak adalah mobil baru dengan kubikasi mesin di bawah 1.500 cc dan berpenggerak dua roda alias 4x2, termasuk sedan.

Pemerintah menetapkan kendaraan yang bisa menikmati insentif PPnBM harus memiliki kandungan komponen buatan lokal atau tingkat komponen dalam negeri (TKDN) minimal 70 persen. Terdapat 115 jenis komponen yang masuk dalam perhitungan kandungan lokal pada produksi mobil di Indonesia.

Hal itu ditetapkan dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Halaman
1234
Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved