Breaking News:

PPnBM Nol Persen

Pajak Nol Persen Hanya Berlaku 3 Bulan, Sri Mulyani: Kalau Mau Membeli Mobil Sekarang Saja

Tahap pertama (Maret-Mei) besaran insentif PPnBM yang diberikan mencapai 100 persen. Dengan besaran ini, maka PpnBM mobil baru menjadi nol persen

tribunjakarta/jeprima
Pengunjung saat melihat mobil dari berbagai merek yang sedang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS)di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.Pajak Nol Persen Hanya Berlaku 3 Bulan, Sri Mulyani: Kalau Mau Membeli Mobil Sekarang Saja 

Editor: Anjar Wulandari
BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kebijakan insentif fiskal berupa penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM) mulai berlaku hari ini, Senin (1/2/2021).

Diketahui, pemberian insentif ini akan terbagi ke dalam 3 tahap, masing-masing tahapannya berlangsung selama 3 bulan.

Tahap pertama (Maret-Mei) besaran insentif PPnBM yang diberikan mencapai 100 persen. Dengan besaran ini, maka PpnBM mobil baru yang dapat insentif menjadi nol persen.

Kemudian, insentif akan turun menjadi hanya 50 persen pada tahap kedua (Juni-Agustus), dan sebesar 25 persen di tahap ketiga (September-November).

Baca juga: Puasa Ramadhan 1442 H Mulai 13 April 2021, Inilah Keputusan PP Muhammadiyah Soal Puasa di 2021

Baca juga: Tak Bisa untuk Tiktokan dan Akses Instagram, Kuota Gratis 10 GB Pelajar SD-SMP Cair Mulai Maret

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, besaran insentif Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah atau PPnBM nol persen untuk kendaraan bermotor hanya untuk tahun 2021.

Dia menjelaskan, insentif 100 persen PPnBM yang ditanggung pemerintah hanya berlaku mulai Maret hingga Mei 2021.

"PPnBM 100 persen yaitu tidak perlu dibayar atau terutang atas penyerahan kendaraan bermotor yang memenuhi ketentuan untuk masa pajak, itu berlaku sampai dengan Mei saja. Jadi, kalau mau membeli mobil ya sebaiknya sekarang sampai Mei karena PPnBM-nya 100 persen ditanggung pemerintah," ujarnya saat konferensi pers, Senin (1/3/2021).

Sementara, jika konsumen membeli kendaraan setelah Mei hanya mendapatkan diskon PPnBM 50 persen.

"Kalau Anda berencana membeli mobilnya antara Juni sampai Agustus, PPnBM-nya mendapatkan diskon 50 persen yang ditanggung pemerintah," katanya.

Selain itu, dia menambahkan, kalau membelinya pada September hingga Desember tahun ini maka PPnBM-nya ditanggung pemerintah 25 persen.

Halaman
123
Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved