Breaking News:

Berita Banjarbaru

Webinar Penyelamatan Arsip Akibat Bencana Akan Diadakan Dispersip Kalsel

Tujuan webinar yang diadakan Dispersip Kalsel untuk menanggulangi kerusakan arsip akibat bencana sekaligus mengantisipasi bila terjadi bencana lagi.

LPMP KALSEL UNTUK BPOST GROUP
ILSUTRASI - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Bulayak di Desa Bulayak, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, hancur akibat bencana banjir bandang pada pertengahan Januari 2021 lalu. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -  Bencana banjir di banyak daerah wilayah Provinsi Kalimantan Selatan berdampak pada arsip pemerintah kota atau kabupaten.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel akan mengambil langkah strategis dan tindakan preventif penyelamatan arsip dari bencana, sesuai amanat di UU 43 Tahun 2009.

"Kami menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan webinar penyelamatan arsip akibat bencana yang Insya Allah akan digelar Maret 2021 ini," ucap Nurliani, Kepala Dispersip Kalsel, Senin (1/3/2021). 

Baca juga: Asisten Administrasi Pemkab Kotabaru Buka Kegiatan Sosialisasi Kearsipan

Baca juga: VIDEO : Demi Efisiensi dan Efektifitas, Dispersip Kalsel Musnahkan Sebanyak 21.487 Arsip

Baca juga: Sebanyak 6.000 Boks Arsip Kalsel Diperbarui, Lobi Pun Dipercantik

Webinar Nasional Penyelamatan Arsip Pasca Bencana ini sangat penting untuk merespons secara cepat dalam menanggulangi kerusakan arsip akibat bencana. Sekaligus, mengantisipasi bila terjadi bencana lagi.

"Arsip sangatlah penting bagi kehidupan bermasyarakat, bangsa dan negara. Dan arsip  menunjukkan hak-hak keperdataan rakyat, sehingga keberadaannya harus diamankan, dilindungi dan diselamatkan," imbuhnya. 

Webinar penyelamatan arsip akibat bencana akan menghadirkan Direktur Preservasi ANRI, Kandar, dan Koordinator Kelompk Subtansi Restorasi Arsip ANRI, Suwarto. 

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Penulis: Siti Bulkis
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved