Breaking News:

Berita Tanahlaut

Penerangan di Pulau Datu Rusak, Tata Kota Kabupaten Tala Segera ke Lokasi

Petugas Bidang Tata Kota dan Kebersihan DPRLPLH Kabupaten Tala akan ke Pulau Datu untuk memeriksa penyebab lampu tenaga surya tidak berfungsi.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY
ILSUTRASI - Di puncak Pulau Datu Kabupaten Tanah Laut (Tala) inilah, terdapat makam Datu Pamulutan yang sekarang menjadi tujuan wisata religius ternama di Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kerusakan penerangan listrik tenaga surya di Pulau Datu, Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), dikeluhkan masyarakat setempat.

Keberadaan objek wisata religius tersebut berada dalam pengelolaan Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tala.

Mengenai tak berfungsinya penerangan listrik tenaga surya, Disdikbud Tala menyatakan penangananya menjadi kewenangan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH).

"Kalau kami dari Bidang Kebudayaan terkait dengan aspek pelestarian budayanya, termasuk rencana revitalisasi makam dan  sarananya," ucap Kabid Kebudayaan Disdikbud Tanahlaut, Amperamsyah, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Listrik Tenaga Surya di Pulau Datu Tala Tak Berfungsi, Pengunjung Susah Payah Wudu

Baca juga: Pemkab Tala Mantap Lepas Kolam Renang ke Swasta, Berat Diongkos Jadi Pertimbangannya

Terpisah, Kepala Bidang Tata Kota dan Kebersihan DPRLPLH Kabupaten Tala, Gt Erzandi, ketika dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisasi.

"Kami mau tahu juga kenapa jadi tak berfungsi (lampu penerangan tenaga surya) itu," ucapnya.

Pejabat eselon III di Kabupaten Tala ini menegaskan semua hal yang berhubungan dengan program pada bidangnya, pasti akan ia tangani.

"Makanya itu, saya rencananya pada Rabu atau lusa akan ke sana (Pulau Datu)," tandas Erzandi.

Baca juga: Dua Juta Lebih Kuota Elpiji 3 KG Tala, Pemkab Tanahlaut Pastikan Distribusi Tepat Sasaran

Dikatakannya, dirinya juga mendapat informasi dari personel lapangannya. "Karena mereka terus menyisir aset-aset pada bidang kami," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved