Breaking News:

Berita Banjarbaru

Sejumlah 18 Warga Binaan Lapas Banjarbaru Sujud Syukur Dapat Asimilasi

Sebanyak 18 orang yang diizinkan pulang ke rumah dikarenakan telah mengikuti pembinaan dan menjalani separuh masa pidana di Lapas Banjarbaru, Kalsel.

LAPAS BANJARBARU UNTUK BPOST GROUP
Para Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Banjarbaru, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, saat pegang dokumen yang menyatakan bisa menjalani program asimiliasi, Selasa (2/3/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sujud syukur langsung dilakukan 18 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Banjarbaru, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Mereka dinyatakan menghirup udara segar dan kembali ke rumah setelah mendapat asimilasi.

Kepala Lapas Kelas II B Banjarbaru, Amico Balalembang, mengatakan, pemberian asimilasi itu berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) Nomor 32 Tahun 2020 Tanggal 18 Desember 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19. 

“Mereka mendapat asimilasi, terkait pencegahan Covid-19," ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: VIDEO Produksi Tempe Goreng Warga Binaan Lapas Banjarbaru Dijual ke Pasar Kalsel

Baca juga: Razia Sel Tahanan di Lapas Banjarbaru, Petugas Temukan HP, Paku, Batu hingga Kipas Angin

Sesuai Permenkumham tersebut, Amico menyebut, syarat mendapat program asimilasi ini di antaranya adalah berkelakuan baik. Selain itu, telah mengikuti pembinaan dan menjalani separuh masa pidana. 

“Mereka yang mendapat asimilasi kriminal dan narkotika yang bukan terkena PP 99 dan sudah menjalani setengah masa pidana dan hitungan dua pertiga nya maksimal 30 Juni 2021,” tambahnya.

Sebelum dibebaskan dari Lapas Banjarbaru, para WBP terlebih dahulu dibekali pemahaman dan ketentuan selama menjalani asimilasi di rumah. 

Kemudian, Amico berpesan kepada WBP untuk menjaga nama baik, jangan berperilaku buruk, jangan mengulangi kesalahan yang sama, serta selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, Sebanyak 806 Warga Binaan Lapas Banjarbaru Mencoblos

Baca juga: VIDEO Jajaran Lapas Banjarbaru Bagikan Masker Buatan Warga Binaan di Jalan Palam

"Asimilasi di rumah bukan berarti bebas murni, tetapi masih ada aturan-aturan yang harus dijalankan, yaitu wajib lapor kepada Pembimbing Kemasyarakatan selaku pengawas dalam program asimilasi di rumah," ingat dia.

Ucapan terima kasih dan rasa syukur pun tak terbendung dari raut wajah WBP Lapas kelas II B Banjarbaru. Apalagi program Asimilasi di rumah diberikan secara gratis.

(Banjarmasin post.co.id/Khairil Rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved