Breaking News:

Berita Bisnis

Investasi Emas Batangan dan Rekening Emas Bebas PPh, Minat Pembiayaan Kepemilikan Logam Mulia Naik

Pembebasan pajak penghasilan (PPh) atas penjualan investasi dalam bentuk emas batangan atau rekening emas yang dikelola lembaga keuangan syariah.

Investasi Emas Batangan dan Rekening Emas Bebas PPh, Minat Pembiayaan Kepemilikan Logam Mulia Naik
KOMPAS/PRIYOMBODO
Ilustrasi: emas batangan berat 100 gram.Investasi Emas Batangan dan Rekening Emas Bebas PPh, Minat Pembiayaan Kepemilikan Logam Mulia Naik

Editor: Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah telah melakukan perubahan ketentuan perpajakan. Salah satunya, pembebasan pajak penghasilan (PPh) atas penjualan investasi dalam bentuk emas batangan atau rekening emas yang dikelola lembaga keuangan syariah.

Upaya ini untuk meningkatkan investasi domestik lewat penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 11/PMK.03/2021

tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja di Bidang Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah, serta Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Baca juga: Harga Emas di Pegadaian Jumat 5 Maret 2021, Emas UBS 1 Gram Rp 913.000

Baca juga: Hari Ini Harga Emas Antam 1 Gram Rp 918.000, Turun Rp 5.000 Dibanding Kemarin

Diberitakan kontan.co.id, dalam beleid itu dijelaskan mengenai perubahan tiga ketentuan mengenai perpajakan. Salah satunya, pembebasan PPh atas penjualan investasi dalam bentuk emas batangan atau rekening emas yang dikelola lembaga keuangan syariah.

Kemudian, dalam Pasal 45 ayat 1 dalam aturan itu juga disebutkan bahwa penghasilan dari pengembangan keuangan haji dalam bidang atau instrumen keuangan tertentu yang diterima Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dikecualikan dari objek PPh.

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) meluncurkan produk emas batangan Gift Series di Jakarta, Minggu (28/4/2019).
PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) meluncurkan produk emas batangan Gift Series di Jakarta, Minggu (28/4/2019). (Dok. Humas PT Indonesia Asahan Aluminium)

Adapun penghasilan dari pengembangan keuangan haji yang dimaksud dalam ayat tersebut antara lain imbal hasil dari giro, deposito, sertifikat deposito, dan tabungan.

Termasuk pula imbal hasil obligasi syariah (sukuk), surat berharga syariah negara (SBSN) dan surat perbendaharaan negara, dividen, laba atau imbal hasil dari kontrak investasi maupun penjualan investasi dalam bentuk emas batangan atau rekening emas.

Saat ini, perbankan syariah memang diperkenankan oleh regulator untuk menjalankan bisnis jual-beli terkait emas. Baik berupa tabungan emas, cicil emas hingga gadai emas. Tentunya dengan menggunakan prinsip syariah.

Adapun, saat ini penguasa pasar emas di perbankan syariah adalah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

Halaman
12
Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved