Kisruh Partai Demokrat

TERNYATA Moeldoko 'Membelakangi' Jokowi Ikut KLB Demokrat, Mahfud MD: Pak Presiden Terkesan Santai

Menko Polhukam Mahfud MD membeberkan reaksi Presiden Jokowi saat tahu Kepala Staf Presidennya, Moeldoko, terlibat kudeta di Partai Demokrat

Youtube BPMI
Presiden Jokowi berbincang melalui sambungan video dengan perawat pada Minggu (27/9/2020) petang. Moeldoko ternyata 'membelakangi' Jokowi ikut KLB Demokrat, Mahfud MD: Pak Presiden Terkesan Santai 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi ternyata tak tahu-menahu perihal keterlibatan Moeldoko dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di Deli, Sumatera Utara.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD saat berada di acara Mata Najwa.

Menurut cerita Mahfud, pihak Istana sama sekali tidak mengetahui perihal aksi Moeldoko.

Bahkan Menko Polhukam Mahfud MD membeberkan reaksi Presiden Jokowi saat tahu Kepala Staf Presidennya, Moeldoko, terlibat kudeta di Partai Demokrat.

Baca juga: Mahfud MD Ungkap Reaksi Presiden Jokowi Saat Tahu Moeldoko Terlibat KLB Partai Demokrat

Baca juga: Delapan Ketua DPC Partai Demokrat di Kalsel Resmi Dipecat, DPD Demokrat Kalsel Tunggu Plt Ketua DPC

Baca juga: Kader Demokrat Ungkap Iming-iming Rp 100 Juta untuk Ikut KLB, AHY: yang Jahat Itu Siapa Sekarang?

Tetapi, lanjut Mahfud, reaksi Presiden Jokowi terkesan santai dan hanya diam saja.

Awalnya, Mahfud menceritakan, pihak Istana tidak mengetahui rencana Moeldoko dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat pada Jumat (5/3/2021) lalu.

"Pak Jokowi sekarang sudah mengetahui, tetapi ketika ( Moeldoko) akan berangkat (ke Deli Serdang) itu betul-betul tidak mengetahui," kata Mahfud, dikutip dari tayangan Youtube Najwa Shibab, Kamis (11/3/2021).

Kemudian, setelah desas-desus keterlibatan Moeldoko semakin santer terdengar, Mahfud pun mengonfirmasi langsung kepada Presiden.

Namun saat bertemu pada Senin (1/3/2021), Mahfud menuturkan, Presiden Jokowi tidak mengetahui keterlibatan itu.

"Pada hari Senin itu saya bertemu Pak Jokowi, saya tanya gimana (isu keterlibatan Moeldoko dalam KLB) 'Waduh saya nggak tahu betul itu'," kata Mahfud meniru perkataan Jokowi.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dalam wawancara khusus dengan Kompas di Kantor Redaksi Kompas, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (30/1/2020).
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dalam wawancara khusus dengan Kompas di Kantor Redaksi Kompas, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (30/1/2020). (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Selain itu, pada Kamis (4/3/2021), Mahfud MD juga mengaku bertemu dengan Kepala Staf Presiden, Moeldoko dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di Banten.

Dalam pertemuan itu, Mahfud menuturkan Moeldoko tidak membahas apapun mengenai keterlibatannya dalam KLB di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Pada waktu itu kita ngobrol biasa, Pak Moeldoko nggak cerita apa-apa kalau besoknya mau ada KLB," ungkap Mahfud.

Hingga kemudian pada malam harinya, Mahfud mendapat informasi jika Moeldoko bertolak ke Medan, Sumatera Utara.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved