Berita Batola

Jalan Rusak di Sungai Gampa Asahi Kian Parah, Wabup Batola Minta BPJN Supaya Tangani

Wabup Batola kirim surat ke BPJN supaya perbaiki kerusakan parah jalan di Desa Sungai Gampa Asahi. Pihak BPJN janji tangani, setelah proses lelang.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD TABRI
Perbaikan di ruas Jalan Nasional yang rusak, Desa Sungai Gampa Asahi, Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (14/3/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Jalan Nasional di Desa Sungai Gampa Asahi, Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, kondisinya semakin memprihatinkan.

Jalur kurang lebih sepanjang 3 kilometer ini rusak parah dengan banyaknya lubang besar yang membuat kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati. 

Hal ini dikarenakan tingginya intensitas kendaraan bermuatan besar yang melintas, sehingga lebih cepat memicu kerusakan jalan. 

Di beberapa pekan terakhir hingga hari ini, banyak truk yang terperosok, ambles, juga sulit dievakuasi pada Kerusakan jalan Sungai Gampa Asahi tersebut. Kemacetan pun tidak terhindarkan, hingga berkilo-kilo meter.

Baca juga: Satu Orang Korban Perahu Tenggelam di Sungai Barito Batola Ditemukan dalam Kondisi Meninggal

Baca juga: Perahu Terbalik di Sungai Barito, Polres Batola Kalsel Mengungkap Kronologisnya

Pada jalur utama yang menghubungkan Kota Marabahan dan Kota Banjarmasin ini, sebelumnya telah diberlakukan rekayasa buka tutup. 

Namun, intensitas kendaraan yang melintas masih tinggi, terutama mobil dengan tonase besar, sehingga belum terkendali secara signifikan. 

Diungkapkan Camat Rantau Badauh, Juliannor Fathahillah, kondisi jalan lumayan rusak parah. Di beberapa titik,  malahan berkali-kali truk terperosok nyaris terguling.

"Sesuai arahan Sekda, Bupati dan Wakil Bupati, mulai malam tadi kami upayakan penanganan sementara menunggu Balai Jalan melakukan perbaikan," ungkap Julian, Minggu (14/03/2021).

Baca juga: VIDEO Jalan Rusak Parah Terkini Jalan di Sungai Gampa Asahi Batola Kalsel

Bersama relawan setempat, di beberapa titik kerusakan yang parah saat ini dilakukan penghamparan kayu galam dan bakalan diuruk batu dari pihak Balai Jalan Nasional.

Akibat sulitnya dilewati roda empat maupun kendaraan yang besar, arus lalu lintas sementara dibatasi.

Roda empat pribadi yang tidak bermuatan besar, diperkenankan melintas dengan tetap mengikuti arahan para relawan. 

Terkait kerusakan jalan selebar kurang lebih 4,5 meter ini, Wakil Bupati Batola Rahmadian Noor,  mengungkapkan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Balai Jalan Nasional untuk melakukan perawatan secara kontinyu.

Baca juga: Asal Usul Pulau Kembang dalam Tari Talabet Karya Sanggar Ije Jela Batola

Baca juga: VIDEO Tim Animal Rescue Banjarmasin Evakuasi Buaya Muara di Handil Bakti Batola

Terutama selama Jembatan Salim di Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar belum maksimal bisa dilewati kendaaran bertonase besar, maka lewat Kabupaten Batola lah alternatif terakhir menuju kawasan Hulu Sungai.

Halaman
12
  • Berita Terkait :#Berita Batola
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved