Breaking News:

Berita Banjarmasin

Jelang Penerapan E-TLE di Banjarmasin, Begini Kesiapan Ditlantas Polda Kalsel

Data-data yang dikelola Subdit Regident Ditlantas Polda Kalsel untuk penerapan tilang elektronik atau E-TLE di Banjarmasin adalah SIM, STNK dan BPKB.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY
Kepala Subdit Regident Ditlantas Polda Kalimantan Selatan, AKBP M Junaidi Joni. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Kota Banjarmasin diproyeksikan menjadi wilayah yang pertama kali menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau Tilang Elektronik pada tahun 2021.

Sejumlah langkah dan persiapan terus dilakukan Polda Kalimantan Selatan, khususnya Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas), dalam mendukung penerapan sistem E-TLE tersebut.

Persiapan yang terus dimatangkan pun tak hanya fokus pada perihal teknis pelaksanaan dan implementasi E-TLE di lapangan saja, tetapi juga pada integrasi data yang dikelola oleh Subdit Regident Ditlantas Polda Kalsel

Dikatakan Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Maesa Soegriwo, melalui Kasubdit Regident, AKBP M Junaidi Joni, pihaknya siap mendukung penyediaan data-data yang diperlukan dalam penerapan E-TLE.

Baca juga: VIDEO Pertemuan Dinas Pariwisata Kalsel di Banjarbaru Membahas Geopark

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: 232 Pasien Sembuh, Positif 175, Meninggal 4 Orang

Data-data yang dikelola Subdit Regident yaitu terkait Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) menjadi hal penting dalam alur penindakan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan Subdit Gakkum. 

Data-data tersebut, kata AKBP Junaidi, sudah dikelola dalam bentuk basis data digital, sehingga dapat diintegrasikan langsung dengan alur penindakan sistem tilang elektronik. 

"Kami siap menyajikan data-data online untuk digunakan saat penindakan kegiatan E-TLE yang dilakukan Subdit Gakkum," terangnya, Senin (15/3/2021).

Setelah didapati dan dikonfirmasi terjadi pelanggaran lalu lintas melalui sistem E-TLE, maka otomatis data-data lengkap baik terkait kendaraan yang melanggar lalu lintas maupun pemilik kendaraan tersebut dapat dengan mudah diakses untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Baca juga: VIDEO Satu Korban Perahu Tenggelam di Sungai Barito Kalsel Kembali Ditemukan

Baca juga: Terpapar Covid-19, Begini Cerita Bupati Batola Kalsel Saat Dua Bulan Jalani Sakit dan Pemulihan

Dalam waktu dekat, Rabu (17/3/2021), kata AKBP Junaidi, workshop E-TLE akan diselenggarakan di Polda Kalsel.

Agendanya nanti, menyosialisasikan E-TLE yang merupakan program prioritas Kapolri kepada stakeholder terkait sebelum nantinya diterapkan.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved