Breaking News:

Berita Kalsel

Korem 101 Antasari Siapkan 1.100 Personel untuk Penanganan Karhutla di Wilayah Kalsel

Korem 101 Antasari telah melakukan berbagai kesiapan terkait upaya pencegahan dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kalsel

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi
Danrem 101 Antasari, Brigjend TNI Firmansyah. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Korem 101 Antasari telah melakukan berbagai macam kesiapan terkait pencegahan dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kalimantan Selatan.

Dijelaskan Danrem 101/Antasari, Brigjend TNI Firmansyah menjelaskan, persiapan dimulai dengan melaksanakan apel siaga kesiapan pasukan.

Apel tersebut sebagai bentuk kesiapan Pemerintah Daerah, TNI dan Polri, dalam menyikapi Karhutla tahub 2021.

"Selain melaksanakan apel gabungan, dilanjutkan dengan rapat koordinasi secara teknis. Sekarang yang saya dorong adalah mendorong pemda untuk melaksanakan rapat koordinasi daerah," kata Danrem.

Baca juga: Narkoba Kalsel, Warga Kuin Cerucuk Digiring ke Polres Banjarbaru karena Sabu dan Ineks

Baca juga: Bupati Banjar Inginkan Layanan Terbaik, Sistem Aduan Publik Lapor Manis Dilaunching

Baca juga: Truk Dilarang Melintas di Desa Sungai Bamban Tembus Jejangkit Batola, Hindari Kerusakan Jalan Parah

TNI jelas Danrem akan melaksanakan serta mengedepankan langkah-langkah mitigasi dan pencegahan, agar dapat menangani Karhutla lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami selalu mengupdate data dari BMKG bagaimana kondisinya, dan juga kami akan mengevaluasi kegiatan tahun kemarin sehingga dapat disempurnakan," jelasnya.

Tahun ini TNI akan lebih mengedepankan program masyarakat sadar api, sehingga terjalin sinergi dengan masyarakat.

"Kami akan sasar tokoh-tokoh masyarakat, agama dan tokoh panutan melalalui babinsa, sehingga bisa mensosialisasikan bahaya Karhutla ini kepada masyarakat," ujar Danrem.

Adapun jumlah personel TNI yang akan terlibat dalam pencegahan dan penanganan Karhutla di Kalimantan Selatan, yakni sebanyak 1.100 orang.

Jumlah tersebut jelas Danrem, tidak menutup kemungkinan akan bertambah, tergantung dengan jumlah yang dibutuhkan saat di lapangan.

"Setidaknya kami sudah menyiapkan 100 orang per satu Kodim, di Kalsel ada 11 Kodim sehingga total ada 1.100 personel," ungkapnya.

Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui bahaya, dari ketidakmampuan mengendalikan api.

"Seperti diketahui wilayah Kalsel ini adalah tanah gambut, yang mana baranya ada di dalam. Kalau berbicara musim kemarau atau musim kering dengan keterbatasan SDA air maka tentu akan membuat asap semakin tebal," terang Danrem.

(banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved