Breaking News:

Berita Kalteng

VIDEO Bupati Kapuas Pimpin Pertemuan Bahas Penanganan Covid-19

Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas pada Maret-Desember 2020 sebanyak 958 kasus, Januari hingga 15 Maret 2021 sudah ada 827 kasus positif.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pertemuan membahas penanganan Covid-19 berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Pertemuan dipimpin Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, dihadiri pula Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Sekda Septedy, unsur forkopimda dan lainnya.

Pihak Dinkes memaparkan data, total kasus positif di tahun 2021 hanya berbeda tipis dengan total kasus positif di tahun 2020 lalu.

"Total Maret-Desember 2020 sebanyak 958 kasus. Lalu tahun 2021 ini, Januari hingga 15 Maret, sudah ada 827 kasus positif. Jumlah tahun 2020 dan 2021 yang masih tiga bulan berjalan, hanya selisih 131," rinci Kadinkes,  Apendi, didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kapuas, dr Tri Setyautami.

Baca juga: PKBM Seroja di Kabupaten Kapuas Laksanakan Simulasi UPK Paket B dan C

Baca juga: Kemenag Kapuas Tetap Persiapkan Penyelenggaraan Ibadah Haji 2021

Tentang tiga bulan di 2021 kasus positif cukup besar karena pihaknya aktif dan gencar melakukan pencarian kasus sebanyak-banyaknya, melalui tes antigen dan PCR.

Kemudian, lanjutnya lagi, di Kapuas saat ini sudah mulai banyak tempat swasta, klinik dan lain sebagainya yang bisa melayani tes antigen.

Hingga, katanya, timbul kesadaran masyarakat memeriksakan diri secara mandiri. Khususnya kalangan menengah ke atas karena memang harus mengeluarkan biaya.

Selain itu Dinkes juga menyampaikan kasus positif yang cukup banyak ditemukan melalui pemeriksaan tes tersebut adalah Fenomena Gunung Es.

Baca juga: Pemkab  Kapuas Gelar Pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kameluh Pariwisata Kapuas 2021

Baca juga: LPTQ Kapuas Mulai Persiapkan Pelaksanaan MTQ Kabupaten Kapuas di Kecamatan Pulau Petak

"Bukan berarti melonjaknya kasus tiga bulan ini faktor kami tidak bekerja, malah karena kami melakukan berbagai upaya, maka ditemukan kasus cukup banyak. Kami berharap dengan seperti ini bisa menekan terus penyebaran covid-19 di Kapuas," ungkapnya.

Selain itu, Aped, sapaan akrab Kadinkes, juga menyebut, selain berupaya dalam hal mencari kasus positif sebanyak-banyaknya, hal utama lainnya dalam pengendalian covid adalah isolasi yang benar, sampai sembuh.

"Dan tentunya protokol kesehatan 5M, wajib disiplin diterapkan, ini selalu dan selalu kami terus sampaikan ke masyarakat. Sekalipun yang sudah divaksin, agar terus disiplin prokes, karena vaksinasi dengan Sinovac, tidak menjamin tidak adanya penularan kasus, vaksin hanya mencegah tidak sakit berat jika terkena," ujarnya.

Sementara itu, Bupati menginstruksikan seluruh perangkat terkait, baik itu Satgas, OPD dan seluruh elemen, agar bersama-sama dalam hal menekan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Camat Kapuas Timur Kalteng Buka Pengaduan Masyarakat Terkait Penyelenggaran Desa

Baca juga: VIDEO Irigasi Pertanian Food Estate Kapuas Dibenahi, Panen Perdana Padi oleh Presiden Jokowi

"Mari bersama-sama melakukan ragam upaya guna menekan penyebaran covid-19 ini. Terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, bersama mewujudkan agar Kabupaten Kapuas bisa menjadi nol angka positif Covid-19 nya," pintanya Bupati.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved