Breaking News:

HSU Mantap

Dinas PPKB Kabupaten HSU Gelar Workshop tentang Pengendalian Penduduk

Workshop Penetapan Parameter Kependudukan diselenggarakan DPPKB Kabupaten HSU bertujuan untuk membantu pemerintah daerah menyusun rencana pembangunan.

PEMKAB HSU
Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar Workshop Penetapan Parameter Kependudukan Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar Workshop Penetapan Parameter Kependudukan Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan.

Workshop yang bertempat di aula DPPKB tersebut membahas dan mencari grand designs atau rancangan besar berupa parameter atau indikator dalam pengendalian penduduk.

Kepala DPPKB HSU, Anisah Rasyidah, mengatakan, perameter kependudukan salah satu acuan penting kebijakan dan dasar penyusunan pembangunan.

Agar parameter tersebut tepat, perlu kerja sama yang baik dan benar. Oleh sebab itu, diadakan pertemuan unsur penetapan parameter di Kabupaten HSU.

"Perlu berkerja sama dengan Kepala BPS mitra kerja sama yang baik dan dinas-dinas yang lain yang saling terkait. Karena tanpa kebersamaan, tanpa adanya data, tidak akan mungkin terencanakan pembangunan ke depannya secara terbaik. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dinas terkait," ujarnya.

Peserta mengikuti Workshop Penetapan Parameter Kependudukan Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang digelar Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) setempat.
Peserta mengikuti Workshop Penetapan Parameter Kependudukan Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang digelar Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) setempat. (PEMKAB HSU)

Sementara itu, Kepala Bidang Pengandalian Penduduk, Nasruddin SE, dalam penyampaian materinya mengatakan, kegiatan tersebut untuk memanfaatkan penetapan parameter kependudukan.

"Artinya, perlu menetapkan ukuran dan tugas agar semua apa yang menjadi tujuan kita untuk peningkatan bisa tercapai,” ujarnya. 

Dengan menaikkan kualitas prasarana dan termasuk tenaganya, jangan sampai kalau orang yang mau pakai KB obatnya tidak ada supaya angka kelahiran yang meningkat di suatu dearah bisa diatasi.

Ada 3 hal yang menyebabkan perlunya parameter, yaitu Transisi demografi, Transisi epidemologi dan Transisi Pendidikan.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved