Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Warga di Kalsel Lama Menunggu Akad Kredit Rumah, Ini Kata Dosen FEB ULM

Beberapa faktor penyebab warga Kalsel lama tunggu akad kredit, yaitu rumah belum tersedia, prosedur pemotongan gaji, kelayakan jadi debitur.

HASANUDDIN UNTUK BPOST GROUP
ILUSTRASI - Perumahan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Rumah adalah keperluan primer bagi masyarakat. Tak heran jika para pengembang atau developer giat membuka perumahan baru untuk memenuhi keperluan tersebut. 

Sebagian besar pembeli rumah di Kalimantan Selatan, melakukan pembelian secara kredit melalui bank. Berkas permohonan diakomodasi oleh developer, kemudian diserahkan ke bank untuk ditindaklanjuti. 

Biasanya bank akan memverifikasi dokumen calon nasabah atau calon pembeli dan kemudian survei lokasi rumah. Setelah itu, ada keputusan apakah bisa diproses hingga akad kredit atau tidak. 

Proses menunggu informasi dari bank tidak sebentar, bisa hitungan bulan. Apalagi jika berkas permohonan cukup banyak, sehingga perlu pemeriksaan yang memakan waktu. 

Baca juga: Ketua REI Kalsel Sebut Kebijakan Pemerintah Mulai Tumbuhkan Bisnis Perumahan

Baca juga: Syarat Dapat Bantuan Subsidi KPR Hingga Rp 40 Juta, Untuk Rumah Tapak Mulai Rp 150 Juta

Seperti halnya saat ini proses permohonan kredit rumah antreannya cukup panjang. Tentunya tak semua calon nasabah bisa sabar menunggu akad kredit. 

Wawan, warga Kota Banjarbaru, Provinsi Kalsel, mengku sedang mencari lokasi perumahan yang cocok. Namun sampai saat ini belum menentukan pilihan. 

"Saya masih menunggu kabar apakah antrean pengajuan kredit sudah mulai lancar. Kalau masih lama, saya nanti saja memilih rumah dan ajukan permohonan," ujarnya. 

Sementara itu, Cahya Pribadi Putra, Branch Manager BTN Banjarmasin, mengatakan, keinginan masyarakat terhadap pembelian rumah. perlahan sudah mulai membaik.

Baca juga: Gandeng Perusahaan Pengembang, Korem 101 Antasari Fasilitasi Prajurit Miliki Rumah Pribadi

Baca juga: Kapolresta Kerjasama dengan Pengembang, 72 Personel Polresta Banjarmasin Langsung Ambil Perumahan

Dikatakan, hal itu seiring dengan pulihnya ekonomi karena adanya program-program pemerintah (PEN) salah satunya dukungan di sektor perumahan. 

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved