Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Bawaslu Batola Evaluasi Pengawasan Partisipatif Pelaksanaan Pilkada Kalsel 2020

Bawaslu Batola evaluasi pengawasan partisipatif pelaksanaan Pilkada Kalsel 2020 yang sudah selesai dilaksanakan

Humas Bawaslu Batola
Evaluasi Pengawasan Partisipatif Pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Batola 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Baritokuala (Bawaslu Batola) evaluasi pengawasan partisipatif pelaksanaan Pilkada Kalsel 2020 yang sudah selesai dilaksanakan.

Evaluasi yang dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel Erna Kasypiah ini berlangsung di Hotel Palm, Banjarmasin, Jumat (19/03/2021).

Dalam keterangannya, Erna menyampaikan tidak adanya penanganan pelanggaran selama pilkada di Batola, mengindikasikan bahwa pencegahan kawan-kawan Bawaslu Batola berhasil.

"Artinya mereka lebih mengutamakan preventifnya, ketika ada tahapan masuk, pencegahan yang diutamakan. Partisipasi masyarakat juga tinggi," ucap Ema.

Baca juga: BREAKING NEWS : Sengketa Pilgub Kalsel 2020, MK Putuskan Pemungutan Suara Ulang di 7 Kecamatan

Baca juga: Tim Hukum H2D Ajak Masyarakat Kalsel Bersama-sama Kawal PSU Hasil Putusan MK

Baca juga: MK Putuskan PSU Pilgub Kalsel 2020,  Ini Tanggapan Tim Pemenangan Paman BirinMu

Ia pun mengungkapkan, berhasilnya upaya pencegahan ini karena dilakukan tidak sendirian, tapi bersama stakeholder yang ada.

Ditambahkan Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Batola, Ahdi Hanafiah, tujuan dari kegiatan ini sebagai momentum melihat dan memperbaiki program yang sudah dilakukan pada Pilkada 2020.

"Melalui evaluasi ini, kita mengetahui apakah program yang dijalankan perlu diperbaharui atau tetap dipertahankan," terang Ahdi.

Ia pun tidak menampik, bahwa tidak adanya informasi di masyarakat adanya pelanggaran bukan berarti minim pengawasan atau kurangnya partisipatif.

Namun itu menunjukkan program pencegahan berhasil. Di antara beberapa program yang dilakukan pada Pilkada 2020 yakni Patroli Pengawasan, Pojok Pengawasan, Warung Pengawasan hingga Kerjasama dengan stakeholder.

Mengenai adanya keterlibatan masyarakat pada tahap pemutakhiran data. Seperti menyampaikan informasi adanya warga yang belum terdaftar atau adanya pemilih ganda, pihak Bawaslu sangat bersyukur.

"Adapun memasuki tahapan kampanye mereka tidak ada mendapat informasi kecurangan maupun pelanggaran, sehingga hal ini menjadi salah satu bahan evaluasi," pungkas Ahdi.

(banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

Penulis: Muhammad Tabri
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved