Nama Baru Aprilia Manganang Setelah Resmi Jadi Lelaki, Hakim : Aprilio Perkasa Manganang

Inilah nama baru Aprilia Manganang setelah resmi dinyatakan sebagai lelaki. Mantan atlet voli perempuan itu bernama Aprilio Perkasa Manganang

Editor: Rendy Nicko
Instagram @apriliamanganang_ / @manganang92
Inilah nama baru Aprilia Manganang setelah resmi dinyatakan sebagai lelaki. Mantan atlet voli perempuan itu bernama Aprilio Perkasa Manganang 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Inilah nama baru Aprilia Manganang setelah resmi dinyatakan sebagai lelaki. Mantan atlet voli perempuan itu bernama Aprilio Perkasa Manganang.

Sersan Dua (Serda) Aprilia Manganang telah secara sah mengganti namanya menjadi Aprilio Perkasa Manganang setelah Pengadilan Negeri Tondano mengabulkan permohonan pergantian namanya.

Pergantian nama Aprilia Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang ini disampaikan oleh Majelis Hakim Nova Loura Sasube saat menyampaikan keputusan terkait persidangan pergantian nama, jenis kelamin, dan sejumlah dokumen kependudukan lain secara virtual pada Jumat (19/3/2021).

"Menetapkan pergantian nama pemohon yang semula bernama Aprilia Santini Manganang berubah menjadi nama Aprilio Perkasa Manganang," ujar Nova saat membacakan keputusan.

Baca juga: Jadwal & Live Streaming Drawing Liga Champions Hari Ini, Chelsea Bersua Man City di Perempatfinal?

Baca juga: Jadwal Drawing Liga Eropa Malam ini, Mencari Musuh Manchester United Setelah Singkirkan AC Milan

Baca juga: Jadwal Piala Menpora 2021 Siaran Langsung Indosiar, Arema FC & Barito Putera, Persija vs PSM

Baca juga: Jadwal Piala FA Live RCTI, Everton vs Man City, Leicester vs Man United & Chelsea vs Sheffield

Aprilio, yang lahir di Tahuna, Sulawesi Selatan, mengikuti proses persidangan langsung dari Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta.

Didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa, pejabat teras TNI AD serta keluarganya, Manganang tampak terus tersenyum.

Majelis Hakim juga mengabulkan permohonan pemohon terkait perubahan jenis kelamin di mata hukum dari perempuan menjadi laki-laki berdasarkan keterangan saksi, tenaga ahli, dan bukti yang ada.

Aprilio sendiri mengganti nama di tanda pengenal di dadanya menjadi PERKASA dari tadinya yang bertuliskan APRILIA S.M (Santini Manganang).

Mantan atlet voli putri nasional, Aprilia Manganang (depan), berpose saat sesi latihan di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis (1/6/2017).
Mantan atlet voli putri nasional, Aprilia Manganang (depan), berpose saat sesi latihan di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis (1/6/2017). (KOMPAS.COM/ANDREAS LUKAS ALTOBELLI)

Pemenang empat gelar Proliga tersebut mengaku perubahan nama dan lainnya merupakan momen yang paling dinantikannya selama 28 tahun terakhir ini.

"Semoga ini menjadi awal yang baik ke depan, awal yang baru. Karena ini yang saya tunggu selama ini, Puji Tuhan terima kasih Tuhan Yesus, saya bisa melewati ini semua," tutur Aprilio.

Sosok kelahiran 27 April 1992 ini pun mengucapkan terima kasih kepada KSAD dan juga tim dokter yang telah membantu mengoperasinya.

"Bapak KSAD dan para dokter yang membantu saya dan memberikan dukungan dan saya bisa lewati ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Manganang telah menjalani operasi korektif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada 3 Februari 2021.

Operasi ini dilakukan untuk perbaikan jenis kelamin setelah sebelumnya Manganang mengalami kelainan Hipospadia sejak lahir.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved