Breaking News:

Berita Tabalong

VIDEO Puluhan Pejabat di Kabupaten Tabalong Menjalani Swab Antigen

Swab antigen diikuti sekitar 60 pejabat di halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Semua negatif Covid-19.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Puluhan pejabat menjalani swab antigen sebelum menghadiri rakor bulanan di Kantor Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (22/3/2021).

Kegiatan di halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, itu diikuti 60 orang, termasuk beberapa orang staf dan pimpinan perusahaan daerah. Hasilnnya, semua negatif Covid-19.

Kepala Dinkes Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie, saat ditemui di lokasi, menyampaikan, kegiatan ini juga menindaklanjuti arahan Pj Gubernur Kalsel yang menyarankan ada swab antigen dalam setiap pelaksaan rakor.

Selain itu, swab antigen ini juga bagian dari salah satu upaya dari Kabupaten Tabalong untuk melakukan testing guna mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Bupati Tabalong Ingin Musrenbang Perubahan Bisa Efektifkan RPJMD

Baca juga: Selaraskan Arah Pembangunan, Tabalong Gelar Musrenbang Perubahan RPJMD Tahun 2019-2024

Baca juga: Terbitkan Kartu Kendali, Disperindag Tabalong Terus Pantau Pangkalan Elpiji 3 Kg

Baca juga: Desa Kapar Tabalong Geger, Pria 23 Tahun Gantung Diri Ditemukan Tergantung dalam Garasi

"Cakupan dari swab antigen ini akan masuk dalam jumlah total testing kita selama Covid ini berlangsung," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabalong tersebut.

Dengan dilaksanakannya swab antigen sebelum memulai kegiatan, imbuh dia, maka juga akan mencegah adanya penularan Covid-19.

Bagi yang terindikasi positif Covid-19, akan bisa terdeteksi dan tidak bisa mengikuti kegiatan karena harus mendapat tindaklanjut untuk penanganannya.

Apabila bergejala, lanjutnya, maka diminta melakukan isolasi mandiri atau akan dirujuk ke rumah sakit.

"Alhamdulillah sampai saat ini dari hasil yang kami deteksi, tidak ada yang terpapar positif," katanya.

Masih menurut Taufik, kegiatan swab antigen ini akan bertahap dilakukan di kegiatan-kegiatan lain. Selain tentunya, juga digunakan pada saat melakukan treking kontak erat yang bergejala.

Swab antigen dilaksanakan Dinas Kesehatan di halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (22/3/2021).
Swab antigen dilaksanakan Dinas Kesehatan di halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (22/3/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN)

Alat rapid yang tersedia saat ini, untuk yang dimiliki Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabalong ada 2.500 rapid dan ditambah sumbangan yang diserahkan Pj Gubernur Kalsel sebanyak 5.000 buah.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved