Breaking News:

Tajuk

Vaksinasi Guru

vaksinasi yang sangat dinantikan adalah menyasar kepada para guru karena sudah hampir satu tahun pendidikan berlangsung daring

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - SEJAK vaksinasi Covid-19 gencar dilaksanakan di Kalimantan Selatan (Kalsel), tumbuh harapan besar di tengah-tengah masyarakat terhadap meredanya kasus Covid-19 di daerah ini.

Sejumlah fokus sasaran vaksinasi dari tenaga kesehatan, lansia, TNI, Polri, wartawan hingga terakhir petugas pelayan masyartakat juga telah dilakukan.

Kini, vaksinasi yang sangat dinantikan adalah menyasar kepada para guru. Vaksinasi ini, sangat dinantikan karena sudah hampir satu tahun pendidikan berlangsung daring. Banyak sekali aspirasi masyarakat yang menginginkan agar pembelajaran tatap muka (PTM) segera dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Guru, siswa dan orang tua sangat menginginkan PTM kembali diaktifkan. Selain sistem daring yang memang tidak efektif, banyak orang tua yang kesulitan untuk mengontrol penggunaan gawai oleh anak-anak. Tidak sedikit anak-anak yang kini mengalami ketergantungan terhadap gawai. Bukan untuk belajar, namun untuk bermain game online.

Kondisi ini, tentulah sangat mengkhawatirkan jika dibiarkan berlarut-larut. Banyak penelitian yang membuktikan dampak buruk penggunaan gawai secara berlebihan oleh anak baik secara fisik maupun mental. Karena itulah, kini dorongan untuk dilaksanakannya pelajaran tatap muka dari masyarakat semakin menguat.

Banyak kepala sekolah dan guru yang sebenarnya juga sangat merindukan pembelajaran tatap muka dilangsungkan. Persiapan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, di antaranya protokol kesehatan, sudah lama dilakukan sekolah-sekolah. Namun, harapan tinggal harapan. Tak meredanya Covid-19 membuat pembelajaran tatap muka tak pernah bisa diwujudkan.

Terakhir, Sabtu (20/3/2021), jumlah kasus Covid-19 di Kalsel bertambah signifikan sebanyak 215 orang dinyatakan positif terpapar Covid-19. Kalsel pun masih akan melanjutkan kebijakan PPKM Mikro untuk menekan perkembangan Covid-19.

Di tengah situasi Covid-19 yang sepertinya sulit dikendalikan pertumbuhannya, vaksinasi Covid-19 kepada guru tentu menjadi harapan besar yang dinantikan. Ini agar pembelajaran tatap muka bisa segera dilangsungkan di sekolah-sekolah.

Vaksinasi Covid-19 kepada guru, setidaknya bisa menekan kekhawatiran terjadinya penularan Covid-19 dari guru ke siswa selama pembelajaran tatap muka berlangsung. Kini, proses itu tengah dinantikan oleh para orangtua yang kian khawatir terhadap penggunaan gawai oleh anak-anak. (*)

Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved