Berita Banjarmasin

Sosialisasikan UTBK SBMPTN, ULM Paparkan Syarat dan Ketentuan Pelaksanaan

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akhirnya d sosialisasikan oleh Universitas Lam

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi
Sosialisasi dan Promosi UTBK SBMPTN 2021, di Universitas Lambung Mangkurat. Rabu (24/03/2021). 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akhirnya d sosialisasikan oleh Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lambung, Dr H Aminuddin Prahatama Putra, membahas tekait proses dan tahapan UTBK SBMPTN, sesuai dengan aturan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Mengawali papaparannya Aminuddin menjelaskan poin-poin penting terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN, di antaranya persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon mahasiswa.

Di antaranya memiliki akun LTMPT, kemudian calon mahasiswa kelas XII pada tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021, dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2021.

Baca juga: Berlangsung! Link TV Online Streaming Persib vs Bali United Live Indosiar Piala Menpora 2021

Baca juga: Penampilan Mita di Video Klip The Virgin Terbaru, Dara dan Kekasihnya Akting Jadi Suami Istri

Baca juga: Benda Yang Diminta Suzzanna Dimasukkan ke Peti Terungkap, Clift Sangra: Ada 2 Permintaan

Selain itu juga lulusan SMA sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020 dengam umur malsimal 25 tahun.

Khusus bagi peserta yang akan memilih Program Studi (Prodi) Saintek, maka mengikuti Tes Potensi Sikolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek.

Sementara bagi peserta yang akan memilih Prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Kemudian peserta yang akan memilih Prodi campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.

Selanjutnya Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2021.

"Bila dinyatakan lulus, maka hasil itu hanya berlaku untuk 2021, tidak berlaku untuk tahun 2022. Jadi tidak bisa ditunda untuk masuk tahun depan," katanya. Rabu (24/03/2021).

Adapun ketentuan SBMPTN 2021, calon mahasiswa yang lulus tahun 2019, 2020 harus memiliki ijazah, begitu pula lulusan luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

Kemudian juga harus mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.

Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak menganggu kelancaran proses studi. Bagi peserta yang memilih Prodi Seni dan Olahraga Portofolio.

Setiap siswa diperbolehkan memilih dua Prodi pada satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau masing-masing satu Prodi pada dua PTN.

"Misal boleh memilih dua Prodi di ULM, atau satu Prodi di ULM dan satu Prodinya lagi di PTN lain," jelasnya.

Sementara itu pelaksanaan UTBK SBMPTN dilaksanakan dalam dua gelombang, pertama (12/04) sampai (18/04).

Selanjutnya untuk gelombang kedua (26/04) sampai (02/05), sedangkan untuk pemgumuman hasil pada (14/06).

Dalam satu hari UTBK dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama dari pukul 07.45 sampai 11.30 wita, kemudian sesi kedua dari pukul 13.30 sampai 17.15 wita.

"Masing-masing kepala sekolah bisa memngingatkan siswanya agar jangan sampai terlambat mengikuti UTBK," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved