Breaking News:

Pilkada Kalteng 2020

Partisipasi Pemilih Kalteng Ternyata Naik Meski Pilgub 2020 Digelar Saat Pandemi Covid-19

Pilkada Kalteng 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, melakukan beberapa rapat evaluasi terkait pelaksanaan hukum dan teknis d

banjarmasinpost .co.id / faturahman
Pilkada Kalteng 2020, Rapat Koordinasi Evaluasi Penyelesaian Permasalahan Hukum dan Evaluasi Teknis Penyelenggaraan dalam Pilgub Kalteng tahun 2020. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT - Pilkada Kalteng 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, melakukan beberapa rapat evaluasi terkait pelaksanaan hukum dan teknis dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Juga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur yang digelar tahun 2020 yang lalu.

Pelaksanaan rapat evaluasi dilakukan berkeliling di sejumlah kabupaten dan kota di Kalteng yang mengumpulkan para penyelenggara Pilkada Kalteng maupun dari KPU Kabupaten dan Kota se Kalteng untuk perbaikan dalam penyelenggaraan kedepannya jika ada kekurangan dalam pelaksanaan Pilkada yang lalu.

Tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng sudah diselesai dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum yang hasilnya atau pemenangnya sudah ditetapkan oleh KPU yakni dimenangkan Pasangan Cagub H Sugianto Sabran-H Edy Pratowo yang hingga, Kamis (25/3/2021) masih menunggu jadwal pelantikannya.

Baca juga: Penampakan Layar Hp Aurel Bikin Atta Halilintar Gerah, Ulah Anak Tiri Ashanty Saat Foto Prewedding

Baca juga: Hadapi Ancaman Banjir, BPBD Banjarmasin Siagakan Personel Pantau Perbatasan

Baca juga: Peringati Hari Air se Dunia, Mapala Martapura Gelar Aksi Penyelamatan Lingkungan

Ketua KPU Kalimantan Tengah, H Harmain, mengungkapkan, berdasarkan evaluasi yang mereka lakukan pelaksanan Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim yang dilaksanakan serentak sudah berjalan dengan baik , sukses dan lancar."Bahkan partisipasi pemilih juga naik dalam Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim, padahal pelaksananaya saat pandemi Covid-19," ujarnya.

Dikatakan dia, adanya kekhawatiran terhadap menurunnya partisipasi pemilih ternyata tidak terbukti, demikian juga dengan adanya kekhawatiran pelaksanaan Pilkada saat Pandemi Covid-19 rawan menjadi penularan Covid-19 di Kalteng saat dijalankan dengan Protokol Kesehatan ketat pelaksanaanya aman.

"Ini sangat membanggakan, karena kekhawatiran banyak orang tentang pelaksanaan Pilkada di masa pandemi akan rentan terjadi penularan untuk Kalteng tidak ada.Pelaksanaan Pilgub Kalteng berjalan dengan baik dan sukses tingkat partisipasi naik 10 persen dari 52 persen 2015 jadi 62 persen 2020. Pilbup Kotim malah naik 15 persen tahun 2020 lalu," ujarnya. (banjarmasinpost .co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved