Breaking News:

Berita Tabalong

TMMD ke-110 Kodim 1008/Tanjung, Pertemukan Dua Desa Yang Terpisah Puluhan Tahun

Mentari pagi bersinar cerah menembus celah-celah pepohonan karet di Desa Lok Batu, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (

Penulis: Dony Usman
Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/donyusman
Tim Wasev TNI tinjau lokasi TMMD 110 Kodim 1008/Tanjung. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG- Mentari pagi bersinar cerah menembus celah-celah pepohonan karet di Desa Lok Batu, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Seiring geliat kehidupan di desa yang masyarakatnya kebanyakan sebagai petani karet ini juga sudah sangat terasa. Beberapa sepeda motor terlihat melintas di salah satu jalan desa yang kondisinya masih nampak sangat baru.

Walaupun masih berupa tanah merah, jalan baru ini bukan hanya mempermudah warga menuju kebun karet, namun juga menjadi penghubung dengan Desa Kembang Kuning.

Kabupaten Tabalong yang masuk dalam wilayah Provinsi Kalimantan Selatan memiliki 12 kecamatan. Tanjung yang merupakan ibu kota Kabupaten Tabalong terletak di tepi sungai Tabalong dan berjarak 232 kilometer dari Banjarmasin.

Batas wilayah Kecamatan Tanjung meliputi bagian utara dengan Kecamatan Bintang Ara, batas timur dengan Haruai, Murung Pudak, dan Tanta, batas selatan dengan Kecamatan Kelua serta bagian barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Baca juga: Selain Buka Akses, TMMD ke-110 Kodim 1008/Tanjung Juga Bangun Dua Buah Rumah Tidak Layak Huni

Baca juga: VIDEO Travel - Melihat Dari Dekat Perbatasan Kalsel-Kaltim di Gunung Halat Desa Lano

Baca juga: Anggaran PEN 2021 Capai Rp 699,43 Triliun, Kalteng Fokus Pemulihan Ekonomi

Setelah dilakukan penataan batas dan kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, luas wilayah Kabupaten Tabalong menjadi ± 3.766,97 Km² atau ± 376.972 Ha, terdiri dari 12 kecamatan, 121 desa, dan 10 kelurahan, dengan jumlah penduduk sekitar 254.322 (tahun 2019).

Sasaran TMMD ke-110 tahun 2021 di wilayah Kodim 1008/Tanjung fokus pada pembangunan di dua desa, yaitu Desa Kembang Kuning dan Desa Lok Batu.

Kedua desa ini masih sama-sama berada dalam wilayah Kecamatan Haruai. Keduanya berbatasan langsung namun belum terkoneksi.

Setelah berpuluh-puluh tahun dipisahkan hutan dan kebun, lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 1008/Tanjung, kedua desa itu kini bisa dipertemukan secara langsung.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved