Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

VIDEO Ketua KPU Kalsel Penuhi Undangan Ditreskrimum Polda Kalsel, Sampaikan Hal Ini Ke Penyidik

Ketua KPU Kalsel Sarmuji memenuhi undangan Kepolisian untuk melakukan klarifikasi berkenaan dengan kasus dugaan pemalsuan dokumen

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sarmuji memenuhi undangan Kepolisian untuk melakukan klarifikasi, Kamis (25/3/2021).

Mengenakan seragam KPU biru tua, Sarmuji tiba di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kalsel di Jalan S Parman, Kota Banjarmasin sekitar pukul 9.32 Wita.

Kurang lebih tiga puluh menit berselang, sekitar pukul 10.03 Wita Sarmuji terlihat ke luar dari Kantor Ditreskrimum Polda Kalsel.

Saat ditemui Banjarmasinpost.co.id Sarmuji mengatakan, kedatangannya adalah untuk memberikan klarifikasi berkenaan dengan kasus dugaan pemalsuan dokumen yang sedang ditangani Ditreskrimum Polda Kalsel.

Dimana kasus tersebut diawali dari laporan Komisioner KPU Kabupaten Banjar, Abdul Muthalib yang melaporkan adanya dugaan pemalsuan dokumen yang mencatut namanya.

Menurut Sarmuji, kepada penyidik Ia menyampaikan beberapa hal dalam klarifikasi tersebut, satu di antaranya terkait tanda terima kotak suara dari KPU Kabupaten Banjar kepada KPU Provinsi Kalsel.

Dimana tahapan tersebut dilaksanakan sebelum pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Kalsel Tahun 2020.

"Ditanya tentang tanda terima dan kotak suara. Ada yang 45 ada 20 dan 25. Nanti staf juga akan membawa barang-barangnya ke sini," kata Sarmuji.

Sarmuji juga mengatakan, klarifikasi disampaikan terkait koreksi yang dilakukan saat rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Kalsel Tahun 2020.

Meski sudah sempat menyampaikan klarifikasi atas sejumlah hal, namun diakuinya proses klarifikasi belum sepenuhnya tuntas dan diperkirakannya akan dilanjutkan dalam waktu dekat.

"Tadi saya juga sampaikan bahwa akan menggelar rapat juga terkait persiapan PSU, jadi mungkin akan dijadwalkan lagi selanjutnya," kata Sarmuji. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved