Breaking News:

Perbatasan Kalsel Kaltim di Gunung Halat

VIDEO Travel - Melihat Dari Dekat Perbatasan Kalsel-Kaltim di Gunung Halat Desa Lano

Gerbang perbatasan di kawasan Gunung Halat, Desa Lano, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong,Kalsel menjadi tanda batas dengan wilayah Kaltim

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gerbang perbatasan di kawasan Gunung Halat, Desa Lano, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tanda batas dengan wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Timur).

Kawasan ini menjadi batas wilayah provinsi Kalsel dengan wilayah Kaltim yang berada di Jalan Kuaro, Muara Langon, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kaltim.

Menjadi batas wilayah daratan terakhir antara provinsi Kalsel dan Kaltim menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengendara yang melintas.

Para pengguna jalan yang melintas baik dari Kalsel yang menuju Kaltim atau sebaliknya, sering menggunakan kawasan ini sebagai lokasi untuk beristirahat.

Gerbang perbatasan di ujung wilayah Kalsel yang berbatasan langsung dengan provinsi Kaltim ini bertuliskan Kalimat, Anda Memasuki Wilayah Kalimantan Timur.

Satu langkah melewati gerbang ini, penggunakan jalan dari arah Tabalong berarti sudah memasuki wilayah Kaltim dan meninggalkan wilayah Kalsel.

Menjadi batas langsung dengan provinsi Kaltim, Kawasan Gunung Halat bahkan masuk dalam alur cerita rakyat yang membuat Gunung Halat bisa menjadi titik perbatasan.

Cerita rakyat di Kabupaten Tabalong menceritakan Legenda Gunung Halat menjadi bagian dari buku dengan judul Hikayat Tanjung Puri dan Tangisan Putri Galuh Sewangi. (Banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved