Breaking News:

Taman Iwak Gang AA Bungas

Wisata Kalsel, Ada Berbagai Jenis Ikan di Taman Iwak Gang AA Bungas Banjarmasin

Ikan nila, lele hingga gurami, dipelihara warga di sebuah sungai yang dijadikan kolam di Taman Iwak Gang AA Bungas, Jalan Belitung Darat, Banjarmasin.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Warga sedang memberi makan ikan di Taman Iwak Gang AA Bungas, Jalan Belitung Darat, Kelurahan Belitung Utara Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tidak hanya sekadar mencat bagian siring berwarna-warni, warga  juga ternyata memanfaatkan sungai untuk memelihara ikan.

Itulah yang mereka lakukan terhadap lingkungannya, bernama Taman Iwak Gang AA Bungas, Jalan Belitung Darat, Kelurahan Belitung Utara, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tak heran juga karenanya, jika melihat ke bagian sungai setempat dengan panjang sekitar 200 meter dan lebar dua meter, bisa ditemui berbagai jenis ikan. Mulai dari ikan nila, lele hingga gurami.

Wajar karenanya, kawasan ini pun diberi nama dengan Taman Iwak (ikan, red) karena banyak terdapat ikan dan sengaja dipelihara oleh warga dan pengurus.

Baca juga: Cantik dan Asri, Taman Iwak Hasil Swadaya Warga Gang AA Banjarmasin

Baca juga: Dulunya Siring Berlumut, Begini Perjuangan Warga Jadikan Taman Iwak Gang AA Banjarmasin Warna Warni

Baca juga: Asrinya Taman Iwak Gang AA Bungas di Belitung Banjarmasin, Berawal Aktivitas Membersihkan Sungai

Ikan-ikan tersebut dipelihara, dengan dibagi menjadi beberapa zona, sesuai dengan jenisnya. Dan setiap zona dibatasi dengan sekat.

Aktivitas memberi makan ikan oleh warga, serta pengurus, menjadi salah satu pemandangan menarik di lingkungan itu.

"Salah satu tujuan sungai diisi dengan ikan ini agar warga menjaga kebersihan sungainya," kata Ivan Borneo, Ketua Umum Pengurus Taman Iwak Gang AA Bungas, kepada Banjarmasinpost.co.id.

Kawasan Taman Iwak Gang AA Bungas ini sempat terdampak bencana banjir pada pertengahan Januari 2021.

Air sungai meluap, sehingga banyak ikan pun yang keluar kolam sungai. Namun kemudian, secara perlahan,  warga kembali mengisi dengan bibit ikan.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved