Breaking News:

Pilkada Kalteng 2020

Bawaslu Gelar Rapat Evaluasi Pilkada, Zona 3 Dilaksanakan di Kapuas Kalteng

Pasca pelaksanaan Pilkada 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat evaluasi terkait penyusunan laporan akhir

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah (Kalteng) saat menggelar rapat evaluasi terkait penyusunan laporan akhir pada pelaksanaan Pilkada 2020 lalu di Kapuas. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pasca pelaksanaan Pilkada 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat evaluasi terkait penyusunan laporan akhir pada pelaksanaan Pilkada 2020 lalu.

Rapat evaluasi zona 3 jajaran Bawaslu Provinsi Kalteng bersama Bawaslu Kota Palangkaraya, Bawaslu Gunung Mas, Kapuas, Katingan dan Pulang Pisau digelar di Aula Bawaslu Kapuas, Jalan Pemuda, Kamis, (25/3/2021) hingga Jumat (26/3/2021).

Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng, Satriadi, menyampaikan evaluasi dilakukan untuk semua divisi.

"Kami melakukan evaluasi masing-masing divisi. Termasuk juga nanti evaluasi kesekretariatan," ujar Satriadi, kepada wartawan.

Baca juga: Polres Kotabaru Ungkap Penyebab Kebakaran di Stagen, Asal-usul Api dari Kompor Tak Dimatikan

Baca juga: Susunan Pemain Borneo FC vs Persija Piala Menpora 2021 Live Indosiar, Marko Simic Main

Baca juga: 5 Hari Lagi Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 Ditutup, Simak Syarat dan Tata Caranya

Dilanjutkannya, di Bawaslu ada lima divisi yakni Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat dan Data Informasi,
Divisi Penanganan Pelanggaran, Divisi Penyelesaian Sengketa, dan Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi.

Dari ke 5 divisi tersebut, pada Pelaksanaan Pilkada 2020 lalu, yang paling menonjol pada divisi penangangan pelanggaran.

"Penanganan pelanggaran itu baik dari temuan ataupun laporan-laporan.
Baik yang dilaporkan ke Bawaslu kabupaten, kota maupun langsung ke Bawaslu Provinsi," paparnya.

Dikatakan, untuk jenis pelanggaran itu bervariasi mulai laporan pelanggaran pidana Pemilu, administrasi, hingga laporan netralitas ASN. "Jadi itu yang menjadi perhatian kami," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo mengatakan evaluasi ini dilakukan agar ke depan kinerja dalam program pengawasan lebih baik lagi.

"Baik itu pengawasan tahapan, penanganan pelanggaran maupun penyelesaian sengketa itu lebih baik lagi. Baik itu dari sisi regulasi maupun dari sisi profesionalitas dan netralitas," ujarnya.

Evaluasi ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban Bawaslu Kabupaten Kota dalam melalukan pengawasan tahapan Pilkada Kalteng 2020 lalu. (Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved